4 Langkah Merawat Gigi Agar Lebih Sehat

gigi yang sehat

gigi yang sehat

Semua orang pasti menginginkan gigi dan gusi yang sehat. Gigi yang putih dan bersih dapat memberikan kesan bahwa orang tersebut memiliki kepribadian yang sehat. Secara umum tinnitus lisinopril side effects itu tergantung dari apa yang dimasukan kedalam mulut. Seperti contoh ketika seseorang sering mengonsumsi minuman beralkohol atau merokok tentunya hal tersebut bisa berpengaruh terhadap kesehatan gigi. Perawatan gigi harus selalu dilakukan agar gigi tetap sehat dan putih serta terhindar dari berbagai macam penyakit seperti sakit gigi, gigi berlubang, karang gigi dan lain sebagainya. Berikut adalah 4 Langkah Merawat Gigi Agar Lebih Sehat :

1. Kurangi makanan yang mengandung gula

Gula menjadi faktor penyebab rusaknya gigi terutama pada anak – anak. Semakin tinggi seseorang mengonsumsi gula maka semakin besar juga beresiko giginya rusak. Hubungan erat antara gula dengan sakit gigi ini karena bakteri di dalam mulut memerlukan gula untuk menghasilkan asam yang dapat menimbulkan kerusakan gigi.

2. Mengonsumsi Buah – Buahan dan Sayuran

Buah / Sayuran sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi. Seperti halnya apel, pir, seledri, wortel yang merupakan makanan untuk meningkatkan produksi air liur. Air liur ini berfungsi untuk membantu melindungi gigi agar terhindar dari kerusakan.

3. Menyikat Gigi Selama 2 Menit, 2 Kali Sehari

Dokter dari American Dental Hygienists Association (ADHA) merekomendasikan selama 2 menit dan 2 kali sehari dalam menyikat gigi. Cara tersebut efektif untuk membersihkan gigi sekaligus gusi. Untuk mencegah adanya kerusakan terhadap enamel disarankan menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut. Selain menyikat gigi juga, perlu menyikat lidah, biasanya pada belakang sikat gigi suka ada bagian yang khusus untuk membersihkan lidah. Ganti sikat gigi selama 3 bulan sekali untuk menjaga kesehatan gigi agar lebih bersih dan terhindar dari bakteri pada sikat gigi. Perlu diingat bahwa kita harus menghindari makan setelah 30 menit menyikat gigi.

4. Periksakan Gigi Ke Dokter Secara Rutin

Cara terakhir yaitu dengan berkonsultasi dengan dokter khusus yang menangani masalah gigi. Beda orang beda juga perawatan yang diberikan. Biasanya gigi memiliki jenis yang berbeda sehingga dokter gigi merupakan solusi tepat untuk mengatasinya.

Baca Juga : paxil sleeping pill

Posted by : Nutrisi Penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *