5 Makanan Yang Menyehatkan Mata

5 Makanan Yang Menyehatkan Mata –┬áKesehatan mata adalah hal yang tidak ternilai harganya. Walupun begitu, menjaga mata tetap sehat dapat dilakukan dengan banyak cara yang mudah, termasuk dari makanan yang selama ini kita makan. Makanan yang kaya akan kandungan lutein, vitamin C, asam lemak, omega-3, zinc dan antioksidan dapat membantu mengatasi bahkan mencegah sebagian besar keluhan penyakit yang berkaitan dengan usia. Kegiatan atau juga bekerja seperti menatap komputer adalah suatu radiasi cahaya yang dapat menjadi alasan utama penyebab terjadinya kerusakan mata. Mengenai kesehatan mata, bukan hanya perawatan dari luar saja yang dibutuhkan, perawatan dari dalam juga tidak kalah dibutuhkan.

Kesehatan mata tidak bisa dianggap remah. Semua orang tentu tidak ingin terkena penyakit mata, disebabkan tidak menjaga kesehatan mata sejak dini. untuk menghindari gangguan dan berbagai masalah penglihatan, ada dua hal yang harus diperhatikan, pertama, perawatan dari luar dan kedua adalah mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh mata. Cara menjaga kesehatan dari bahaya yang ditimbulkan debu dan polutan, dapat dilakukan dengan menggunakan pelindungan mata seperti kacamata jalan dan helm. Cara ini berguna untuk mencegah iritasi pada mata. sedangkan perawatan dari dalam, anda bisa melakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang menyehatkan mata.

sayuran

Mata yang sehat adalah impian setiap orang. Syarat mata yang sehat yaitu dapat melihat benda yang dekat maupun jauh dengan sangat jelas. Beberapa kegiatan atau kebiasaan yang buruk yang tidak menyehatkan mata atau menyebabkan mata menjadi terganggu harus segera dihentikan agar tidak membuat mata mengalami masalah yang serius. Misalnya terlalu lama menatap monitor, membaca tulisan ditempat gelap, membaca sambil tiduran, dan kegiatan lain yang membuat mata mengalami infeksi, iritasi, kekeringan, berair, merah, bengkak, dan sebagainya.

Baca Juga : Continue

Beberapa jenis makanan yang mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata sangat diperlukan bagi tubuh dan mata anda. Karena asupan yang baik akan membuat kesehatan tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Maka dari itu, pencegahan tentunya harus dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Dan berikut ini ada 5 buah dan sayuran terbaik untuk kesehatan mata, seperti :

1. Wortel

Wortel yang sarat dengan beta karoten, antioksidan yang membantu mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak. beta karoten, sejenis vitamin A yang memberikan makanan ini warna oranye diketahui dapat membantu retina dan bagian lain dari mata untuk berfungsi dengan lancar. Kekurangan vitamin A adalah penyebab utama kebutaan di negara berkembang. Kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan katarak, degenerasi makula dan xeroftalmia (penyakit yang ditandai dengan mata kering, kelopak mata bengkak dan ulkus kornea). Oleh karena hal tersebut, mengkonsumsi wortel adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat mata lebih sehat.

2. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, sayuran yang berwarna hijau ini mempunyai sumber lutein dan zeaxathin yang berfungsi mencegah degenerasi makula serta katarak pada mata. Selain itu juga bayam mempunyai vitamin C yang cukup melimpah. Semua phentermine mood ini dapat mencegah penyakit mata glukoma.

3. Brokoli

Brokoli diperkaya dengan kalsium, vitamin C zeaxanthin, lutein, dan sulforaphane. Senyawa penting seperti lutein dan zeaxanthin dapat berperan sebagai pelindung mata (sunglasses) yang melindungi mata dari radiasi sinar UV. Mengkonsumsi brokoli dengan rutin juga dapat menurunkan risiko katarak.

4. Buah Tomat

http://coriobayhealth.com.au/order-adipex-online-overnight/ dalam tomat yang berguna untuk menjaga penglihatan termasuk vitamin A, vitamin C dan lycopene. Vitamin A membantu metabolisme sel di lapisan luar retina, yang bertindak untuk adaptasi terhadap cahaya terang dan gelap. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan degenerasi makula. Sedangkan lycopene adalah antioksidan kuat yang mampu mencegah mata katarak.

5. Alpukat

Selain kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah tinggi, nutrisi dalam alpukat juga menyehatkan mata. Alpukat mengandung lutein yang dapat mencegah degenerasi makula dan katarak. Alpukat juga dilengkapi dengan vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E.

Itulah beberapa makanan yang mampu meningkatkan kesehatan mata Anda. Pastikan Anda rutin mengonsumsinya terutama bagi Anda yang sering menghabiskan waktu di depan komputer. Saya rasa makanan diatas tidaklah terlalu susah untuk didapatkan dan harganya juga cukup terjangkau sehingga tidak ada alasan untuk anda tidak menyukainya. Dalam proses menjaga kesehatan mata, anda harus memulai langkah perawatan sejak dini. Anda tidak perlu pusing memikirkan masalah biaya, karena pada umumnya semua makanan di atas bisa dibeli dengan harga terjangkau dan ekonomis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *