Bahaya Mengkonsumsi Jamur Liar

Tahukah anda mengkonsumsi jamur liar dapat menyebabkan penyakit kronis bahkan bisa berujung kematian?

jamur

Jamur yang sering dikonsumsi biasanya berjenis jamur tiram. Jamur tiram hidup pada daerah yang gelap dan terang yang berganti – ganti. Jamur tumbuh baik pada keadaan yang gelap akan tetapi badan jamur tidak akan tumbuh pada tempat yang gelap total. Sehingga kondisi yang bagus untuk pertumbuhan jamur yaitu pada tempat yang agak terang karena cahaya mataharipun sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan jamur. Kelembaban yang dibutuhkan jamur yaitu pada kondisi udara sekitar 80-85% dan apabila kurang dari 80 % akan mempengaruhi pertumbuhan jamur dan mengakibatkan kekeringan dan pertumbuhannya menjadi terganggu.

Jamur memang merupakan makanan yang lezat dan bisa diolah sedemikian rupa sehingga banyak sekali orang yang menyukai jamur. Namun tidak semua jamur bisa dimakan dan banyak sekali jenis dari jamur yang dapat berbahaya apabila dikonsumsi. Ada beberapa kondisi dimana jamur dapat tumbuh mulai dari kandungan air, suhu, keasaman, cahaya, kelembaban dah ketersediaan sumber http://www.topress.in/.

Pada kasus seorang wanita imigran berumur 52 tahun yang mengkonsumsi jamur liar di taman lokal dengan suaminya. Wanita tersebut mengalami gejala sakit perut yang sangat parah dan gangguan pencernaan setelah mengkonsumsi jamur liar spesies beracun aminata bisporigera.

Gejala yang dialami wanita tersebut melalui 3 tahapan yaitu gejala awal terasa mual, muntah dan diare dalam waktu 6-24 jam setelah mengkonsumsi jamur. Kemudian tahapan selanjutnya gejala tersebut hilang dengan sendirinya, akan tetapi hal itu merupakan tahapan yang sementara. Pada tahap akhir yang terjadi 2 hari setelah mengkonsumsi jamur liar, penderita mengalami kerusakan pada organ hati sehingga menyebabkan kegagalan multi organ dan berpotensi kematian.

Sampai sekarang ini belum ada obat penawar amoxicillin dosing pediatrics tersebut. Dokter yang merawat pasien keracunan jamur harus memberikan perawatan yang inten untuk menangani gejala, memantau fungsi hati. Oleh sebab itu bagi pecinta jamur harus pandai memilih antara jamur yang beracun dan tidak karena jamur memiliki beragam jenis. Hal tersebut karena jamur yang beracun dan jamur yang bisa dimakan terdapat kesamaan dalam bentuk dan rupa.

Sumber : www.medicalnewstoday.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *