Efek Berbahaya Minuman Bersoda Setelah 1 Jam Dikonsumsi

minuman bersoda

Siapa yang tidak kenal dengan minuman soda. Minuman tersebut dapat kita temui di supermarket, minimarket bahkan di warung kelontongan. Tahukah anda efek yang ditimbulkan dari mengonsumsi minuman bersoda?

Dalam 1 kaleng soda terdapat kurang lebih 10 sendok teh gula. Sedangkan menurut World Organization Health ( WHO ) , tubuh seseorang hanya memerlukan 6 sendok teh gula setiap harinya. Mengonsumsi http://www.topress.in/ sering dikaitkan dengan penyakit Diabetes karena mengandung gula. Menurut penelitian di Hardvard School of Public Health menemukan bahwa orang yang meminum 1-2 kaleng minuman manis/ bersoda sehari,  memiliki resiko 26% lebih besar terserang penyakit diabetes daripada yang tidak mengonsumsi.

Seorang apoteker Inggris Niraj Naik dalam bukunya yang berjudul Wade Meredith melakukan penelitan pada 1 kaleng minuman bersoda Coca – cola berukuran 330 ml. Penelitian tersebut bertujuan untuk melihat efek yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi minuman bersoda Coca – cola selang waktu 1 jam.

  • Dalam waktu 20 menit ternyata kadar gula dalam darah meningkat dan menyebabkan ledakan insulin dan mengubah jumlah gula darah tinggi tersebut menjadi lemak.
  • Dalam waktu 40 menit, tubuh telah menyerap semua kafein yang terkandung pada minuman bersoda Coca – cola sehingga menyebabkan pelebaran pupil dan peningkatan tekanan darah.
  • 5 menit kemudian, produksi dopamin meningkat dratsis sehingga dapat merangsang efek “kesenangan” pada pusat otak . Beliau menyimpulkan “ Cara kerja dari coca – cola yang merangsang pusat otak sebanding dengan efek heroin sehingga membuat kita ingin meminumnya lagi ” .
  • Dalam jangka waktu 1 jam setelah mengonsumsi minuman soda tersebut menyebabkan iritabilitas dan rasa kantuk.

Itulah informasi tentang minuman bersoda. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan bagi anda. Jangan lupa kunjungi website kami untuk update artikel selanjutnya mengenai kesehatan..

Posted by : compare contrast essay rubric

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *