Buah-buahan Yang Baik Bagi Penderita Sakit Maag

Buah-buahan Yang Baik Bagi Penderita Sakit Maag – Maag merupakan asam lambung yang cukup membuat tidak nyaman, sebab itu pemilihan makanan terutama buah-buahan untuk penderita maag harus diperhatikan, karena jika anda salah dalam mengkonsumsi makanan, maka asam lambung akan semakin meningkat. Penyakit maag, termasuk maag kronis, bisa menyerang siapa saja. Yang dimaksud dengan sakit maag kronis adalah sakit maag yang sudah terjadi cukup lama (menahun). Penderita sakit maag kronis biasanya mengalami rasa sakit yang berkepanjangan. Sementara sakit maag akut adalah istilah tersebut baru saja terjadi. Maag kronis lebih parah daripada maag akut.

Pada beberapa kasus, sakit maag kronis ini menyebabkan diare. Ada yang tinjanya menghitam ada pula yang berdarah. Tinja menghitam dan berdarah akibat dinding mucos lambung terluka karena asam berlebih. Nafsu makan menurun drastis, mulut pun tidak bisa mengecap rasa karena terasa pahit. Hal ini membuat nafsu makan menurun dan terganggu, tak berselera lagi untuk makan. Makanan apapun cenderung dimuntahkan. Dalam jangka panjang tubuh akan kekurangan cairan, berat badan akan menyusut drastis.

maag

Penyebab sakit maag kronis terjadi karena pola makan yang buruk, stres berkepanjangan, atau makan bahan-bahan korosif (pedas,asam), keracunan, serta degenerasi lapisan perut pada mereka yang berusia lanjut. Penyakit maag kronis bisa juga menimbulkan munculnya penyakit lain seperti vertigo, insomnia, penurunan daya ingat, mudah marah, depresi, dan hyposexuality (hilangnya hasrat seksual).

Baca Juga : help with paper on leadership

Salah satu penyebab kambuhnya sakit maag berasal dari makanan yang anda konsumsi, anda perlu mengetahui makanan dan minuman yang aman dikonsumsi untuk sakit maag anda agar tidak kambuh. Makanan penyebab sakit maag banyak macamnya. Ada beberapa makanan dan minuman yang baik untuk mengurangi sakit maag seperti kentang rebus, brokoli, bubur ayam, lidah buaya, sayuran kol, dan buah-buahan. Namun, selain makanan yang baik untuk sakit maag, anda juga harus memperhatikan buah-buahan yang baik juga bagi tubuh anda untuk meringankan sakit maag yang anda alami.

Berikut ini ada beberapa Buah-buahan yang baik di konsumsi bagi penderita Sakit Maag, diantaranya :

  • Pepaya. Pepaya mengandung papain atau enzim propeolitik yang berguna untuk meningkatkan sistem kerja pencernaan. Papaya juga memiliki kandungan asam asetat dan asam askorbat sebagai obat tukak lambung. Bila memakan pepaya setelah satu jam makan akan mampu mencerna makanan tersebut.
  • Buah Semangka. Buah semangka termasuk buah yang mengandung banyak air. Dari hasil uji lab juga diketahui buah semangka memiliki kandungan citrulline asam amino yang berperan penting membantu tubuh menyediakan pasokan amonia. Kandungan amonia yang dihasilkan tersebut dibutuhkan seperti untuk menjaga tingkat asam di dalam tubuh. Sehingga asam dalam tubuh tidak berlebih yang mana menyebabkan sakit maag kambuh.
  • Buah Pir. Penderita maag atau asam lambung sangat membutuhkan serat , yang mana mampu membantu dalam proses pencernaan dan membantu dalam meningkatkan kemampuan sistem pencernaan yang berimbas pada berkurang nya keluhan maag atau asam lambung. Dan hal ini bisa anda dapatkan hanya dengan mengkonsumsi buah pir ,yang mana menjadi buah yang paling kaya akan serat.
  • Buah Mangga. Buah mangga memiliki banyak jenis. Buah mangga yang manis dan segar diketahui kaya kandungan legalize weed essay Baltimore menyehatkan. Selain itu, di dalam buah mangga konon juga terdapat kandungan antioksidan dan anti inflamasi alami. Sehingga mengonsumsi buah mangga efektif menjaga lapisan perut agar tetap dingin dan terhindar dari asam lambung pemicu sakit maag. Penderita maag bisa mengonsumsi buah mangga sesuai kesukaan.
  • Air kelapa. Air kelapa salah satu cairan murni yang rendah karbohidrat, 99% rendah lemak dan juga rendah gula yang aman dikonsumsi bagi penderita maag. Air kelapa merupakan obat alami yang efektif untuk mengendalikan intensitas refluks asam yang bisa memicu penyakit maag. Minum air kelapa secara rutin bisa mencegah masalah pada lambung yang memicu tarjadinya sakit maag.

Itulah Buah-buahan Yang Baik Bagi Penderita Sakit Maag. Penderita maag kronis sebaiknya mengatur gaya hidup berpola sehat, seperti tidak begadang, mengatur makanan sehari-hari dengan pilihan makanan sehat, pola makan yang teratur, dan menghindari stress tinggi. Stress memnag bukan penyebab utama sakit maag, namun stress bisa menjadi faktor yang makin memperburuk dan menunda waktu penyembuhan. Dan juga hindari buah-buahan yang bisa memicu sakit maag kambuh lagi. Lebih lanjut klik Buah Yang Tidak Baik Bagi Penderita Sakit Maag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *