Buah-buahan Yang Dapat Menurunkan Demam

Buah-buahan Yang Dapat Menurunkan Demam – Ketika demam dan suhu badan meningkat, mungkin penderita akan menjadi malas makan dan begitu lemas. Namun, ada beberapa hal penting yang harus diketahui mengenai demam. Demam bukanlah penyakit utama, kondisi ini merupakan reaksi tubuh alamiah terhadap suatu penyakit, demam bisa pertanda tubuh sedang melawan infeksi karena suhu yang tinggi tersebut memperlambat pertumbuhan bakteri ataupun virus. Oleh karena itu, usaha untuk menurunkan demam yang salah bisa memperpanjang masa sakit. Suhu tubuh yang meningkat sering menjadi gejala bahwa ada yang tidak beres dengan tubuh kita. Tubuh yang tidak sehat dimulai dengan naiknya suhu tubuh.

Demam sendiri merupakan salah satu bagian penting dari mekanisme pertahanan tubuh ketika melawan infeksi. Kebanyakan dari bakteri dan virus yang menyebabkan infeksi pada manusia hidup subur pada suhu 37 derjat celcius. Meningkatknya suhu tubuh beberapa derajat akan dapat membantu tubuh melawan infeksi. Dengan terjadinya demam maka akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh guna memproduksi lebih banyak sel darah putih, sehingga membuat lebih banyak antibodi dan akan membuat lebih banyak zat-zat lain yang berfungsi untuk melawan infeksi.

penurun demam

Baca Juga : Click Here

Infeksi virus dan bakteri, flu dan masuk angin, radang tenggorokan, infeksi telinga, diare disebabkan bakterial atau diare disebabkan virus, bronkitis akut, infeksi saluran kencing, infeksi saluran pernafasan atas ( seperti amandel, radang faring atau radang laring ) karena Obat-obatan tertentu. Kadang demam juga bisa disebabkan oleh terjadinya masalah-masalah yang lebih serius seperti akibat pneumonia, radang usus buntu, TBC, dan juga radang selaput otak. Ada beberapa cara yang dapat menurunkan panas tubuh. Buah yang juga punya fungsi untuk menjaga daya tahan tubuh dan memulihkan kondisi tubuh. Berikut ini ada beberapa buah segar yang bisa membantu anda menurunkan demam, seperti :

  • Semangka 

Semangka merupakan buah yang punya kandungan air sangat tinggi. Sebanyak 90% bagian dari semangka merupakan air. Saat suhu tubuh naik, tubuh mengalami kekurangan cairan. Untuk itu, semangka menjadi buah yang dapat digunakan untuk menjaga tubuh tidak kekurangan cairan. Selain itu, air pada semangka juga membuat badan dingin dan tetap merasa segar.

  • Melon

Hampir sama dengan buah semangka, kandungan air dalam melon dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan tidak mengalami kekurangan cairan. Buah segar ini juga memiliki kandungan yang disebut karatenoid. Zat ini punya fungsi membuat suhu tubuh kembali normal dan menjaga metabolisme tubuh.

  • Mentimun 

Kandungan air dalam timun juga berfungsi menjaga tubuh tetap dingin dan menjaga agar tidak dehidrasi. Selain memberikan rasa segar, mentimun juga memiliki karbohidrat, kalsium, magnesium serta vitamin untuk memulihkan energi tubuh yang hilang akibat suhu tubuh yang naik.

  • Kelapa

Buah kelapa memang dikenal memiliki air yang menyegarkan. Air dalam kelapa memiliki kandungan yang berbeda dibandung buah-buah lainnya. Kandungan ion dan mineral menjadi sesuatu yang sangat baik untuk mengganti cairan yang hilang akibat demam. Ion dan mineral juga sangat baik untuk menurunkan suhu tubuh.

  • Delima Merah 

Buah delima meah atau buasa disebut dengan pomegranate punya banyak khasiat tersembunyi. Selain mengandung banyak air, delima merah merupakan sumber vitamin C yang jaya. Satu delima merah memenuhi 40% kebutuhan vitamin C setiap hari. Vitamin C sangat baik untuk pemulihan dan semakin meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah-buahan tersebut bisa membantu anda menurunkan demam dengan alami dan juga buah-buahan tersebut bisa anda dapatkan dengan buah di pasar, supermarket, terdekat. Bahkan anda juga bisa mendapatkannya secara gratis jika anda memiliki kebun buah-buahan. Buah-buahan tersebut juga bisa anda olah menjadi beberapa minuman seperti jus agar semakin menarik untuk anda konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *