Cara Alami Mengatasi Sariawan Di Lidah Agar Cepat Sembuh

Cara Alami Mengatasi Sariawan Di Lidah Agar Cepat Sembuh – Sariawan bisa menjadi gangguan yang sangat tidak menyenangkan dan menganggu bagi penderitanya, karena menyulitkan anda untuk makan serta berbicara. Sariawan memang tidak termasuk jenis penyakit yang berbahaya, namun bila tidak diatasi dengan cepat dan baik maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Sariawan ini merupakan suatu pembengkakan atau peradangan yang biasa terjadi di dalam lapisan mukosa mulut. Sariawan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, entah itu alergi makanan, siklus haid, ada luka diarea mulut, stress atau terlalu banyak minum minuman asam dan minum antibiotik. Sariawan dapat terjadi pada gusi, lidah, pipi dan langit-langit mulut, sariawan yang cukup parah dapat mengakibatkan terjadinya pendarahan, pembengkakan serta waena yang terlalu merah.

Hal yang sangat menyiksa adalah sariawan pada lidah. Sariawan yang ada pada lidah juga menyebabkan indra perasa anda terganggu sehingga penderitaan saat makan juga akan makin terganggu. Sariawan ini merupakan infeksi pada mulut yang disebabkan oleh bakteri. Sairawan juga dikenal dari bentuknya yang tampak seperti luka berselaput keputih-putihan. Sariawan dapat menyerang siapa saja dan kapan saja terutama saat kondisi tubuh kekurangan vitamin C, zat besi, dan vitamin B12. Hal lain yang dapat menyebabkan sariawan adalah ketika anda tidak menjaga kesehatan mulut dan saat daya tahan tubuh terlalu lemah.

sariawan di lidah

Sariawan di lidah bisa terasa begitu menyiksa dan mengganggu. Makan atau bicara jadi susah. Namun, Anda tak perlu khawatir karena biasanya sariawan akan hilang sendiri dalam waktu satu sampai dua minggu. Untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan di lidah, ada berbagai cara yang bisa Anda tempuh. Mulai dari obat dan salep dari apotek hingga obat-obatan alami yang ada di dapur Anda. Maka, untuk itu berikut ini ada beberapa cara alami yang dapat anda gunakan sebagai salah satu cara mempercepat penyembuhan sariawan di lidah seperti :

– Berkumur dengan air garam

Cara yang pertama untuk mengatasi sariawan di lidah adalah dengan menggunakan air garam. Gunakanlah air garam untuk mengobati sariawan anda pada lidah. Anda bisa mencampurkan air garam dengan air hangat lalu berkumur dengan menggunakan larutan air garam tersebut. Air garam juga mampu membersihkan mulut dari bakteri yang bisa memperparah sariawan anda. Berkumurlah setidaknya 3 kali sehari dengan menggunakan larutan tersebut hingga sariawan pada lidah anda secara perlahan hilang dan tidak perih lagi.

– Baking soda

Selain menggunakan air garam, anda juga bisa menggunakan salah bahan alami seperti baking soda untuk berkumur dan membantu mengatasi sariawan di lidah. Baking soda bisa anda larutkan seperti melarutkan air garam tadi dan digunakan untuk berkumur. Baking soda juga baik membunuh bakteri seperti halnya air garam, dan juga mampu mengeringkan luka sariawan di lidah.

– Mengonsumsi yogurt tanpa pemanis

Anda juga bisa menggunakan yogurt untuk mengatasi sariawan pada lidah. Yogurt merupakan minuman yang sangat baik dalam menyeimbangkan bakteri dalam tubuh anda. Dengan mengonsumsi yogurt maka anda bisa mengontrol bakteri pada mulut yang juga merupakan salah satu penyebab dari tumbuhnya dan semakin parahnya sariawan anda.

– Es Batu

Dalam beberapa hari, sariawan di lidah bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Agar sariawan cepat kempis dan sembuh, Anda bisa mengompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut. Jika sulit, kulum es batu pada bagian lidah yang sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan sendiri di rumah untuk mengatasi sariawan pada lidah dengan cepat dan aman. Selain beberapa cara diatas, anda juga bisa mengkonsumsi tomat sebagai solusi yang sering orang gunakan, karena tomat dikenal sebagai buah dan sayur yang dapat mengatasi sariawan secara alami. Jangan remehkan sariawan di lidah, terutama jika sudah mengganggu dan berlarut-larut. Konsultasi dengan dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Anda juga dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan mulut anda dengan baik serta hindari beberapa makanan yang dapat memicu sariawan seperti terlalu sering makan pedas. Sariawan ini juga dapat kambuh kapan saja, maka dari itu kita sangat dianjurkan untuk tetap menerapkan pola hidup sehat dan menjaga pola makan dengan baik agar resiko timbulnya sariawan dapat dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *