Cara Membersihkan Paru-paru Perokok Alami

Cara Membersihkan Paru-paru Perokok Alami –¬†Paru-paru merupakan salah satu organ penting pada tubuh yang berfungsi sebagai alat pernapasan manusia. Paru-paru terletak dibawah tulang rusuk yang memiliki tugas yang sangat berat, apabila yang dihirup udara kotor yang mengandung polutan maka paru-paru akan menjadi kotor. Paru-paru kotor merupakan salah satu penyebab dari timbulnya berbagai macam penyakit, misalnya kanker paru-paru. Dan penyebab paru-paru menjadi kotor adalah rokok. Banyak orang sudah mengetahui bahwa rokok ini berbahaya baik pada perokok maupun perokok pasif. Rokok sendiri bersifat candu, jika seseorang sudah kecanduan rokok maka aktivitas merokok akan menjadi kebutuhan rutin sehari-hari. Efek candu rokok ini sangat berbahaya pada kesehatan terutama pada paru-paru, karena rokok memiliki nikotin yang merupakan zat adiktif yang dapat menimbulkan perasaan candu ke dalam diri perokok.

Nikotin dalam rokok mempengaruhi keseimbangan kimiawi dalam otak terutam hormon dopamine dan norepinephrine yang mengendalikan rasa puas, rileks dan bahagia. Jika seseorang menghisap rokok, nikotin di dalamnya akan merangsang otak untuk memproduksi sedikit dopamin, dan akibatnya si perokok akan merasa riles dan nyaman. Namun, sangat disayangkan kebiasaan merokok ini juga dapat berdampak pada kesehatan organ tubuh yang lain. Sebatang rokok diketahui mengandung ratusan zat kimia berbahaya seperti amonia, karbon monoksida, nikotin, kromium, kadmium, timbal, dan lainnya. Memasukan bahan-bahan kimia ini ke dalam tubuh sama dengan meracuni tubuh anda sendiri. Produk kemasan rokok sendiri sudah memberitahu bahwa rokok ini berbahaya. Jika anda perokok pastinya sudah tahu peringatan yang tertera pada bungkus rokok yaitu merokok dapat menyebabkan kanker, gangguan pernapasan, hipertensi, liver, gangguan jantung dan juga paru-paru serta masalah kesehatan lainnya.

bahaya rokok

Namun, peringatan yang tertera pada bungkus rokok tersebut diabaikan begitu saja oleh para perokok aktif. Bukan hanya perokok aktif saja, perokok pasif juga yang menghirup asap rokok dari perokok aktif dapat terkena penyakit mematikan tersebut. Perokok memang sering merasakan bahwa dirinya sering mengalami sesak napas, hal ini karena paru-paru perokok sudah tidak bersih lagi atau sudah kotor dan mudah mengalami gangguan. Kondisi yang sangat berbahaya pada perokok adalah kanker. Selain kanker, perokok juga beresiko mengalami infeksi paru-paru yang ditandi dengan gejala batuk menahun dan sering bercampur darah. Dan biasanya perokok sering mengabaikan gejala tersebut sampai akhirnya struktur paru-paru menjadi rusak dan tida dapat berfungsi secara normal sehingga akan menimbulkan komplikasi pada jantung.

Rokok memang sudah menjadi kebiasaan dan gaya hidup yang rutin di lakukan masyarakat. Saat ini bukan hanya orang dewasa saja yang suka merokok, anak-anak dan perempuan juga saat ini mulai melakukan hal tersebut. Bahaya rokok ini sangat menakutkan jika kita terus mengabaikannya, walaupun memang rokok bisa anda dapatkan dengan harga yang murah, namun perlu anda catat bahwa untuk melakukan pengobatannya bisa dibilang sangat mahal. Tidak ada cara untuk menghindari penyakit-penyakit perokok tersebut, selain berhenti merokok secara total, anda juga harus memulai gaya hidup sehat. Untuk anda yang sangat sulit untuk berhenti merokok, ada baiknya anda memperhatikan jenis makanan dan mulai mengkonsumsi makanan sehat sebagai cara untuk membersihkan paru-paru kotor anda. Ada beberapa jenis makanan yang terdiri dari buah dan sayuran yang mengandung zat yang dapat membersihkan paru-paru dari zat kimiawi dari rokok secara instan. diantaranya :

  • Jeruk Bali¬†

Jeruk bali memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan terutama untuk melawan kanker paru-paru. Buah ini sangat kaya akan antioksidan yang dapat membantu tubuh mencegah sel kanker tumbuh tak terkendali. Selain itu, jeruk bali ini juga kaya vitamin C yang menyebabkan buah ini memiliki kemampuan untuk menghambat kerja enzim yang dapat mengaktifkan sel kanker paru-paru. Untuk itu, bagi para perokok perbanyaklah mengkonsumsi jeruk bali jika anda adalah seorang perokok aktif.

  • Jeruk Nipis

Selain bermanfaat untuk kecantikan, air perasan jeruk nipis ini juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya yaitu untuk membersihkan zat kimia yang terkandung dalam rokok. Air perasan jeruk nipis dapat menurunkan zat kimia seperti nikotin hingga 70,65%. Tak hanya dapat menghilangkan zat kimia dalam tubuh, air jeruk nipis juga dapat membantu Anda untuk menghilangkan kecanduan rokok.

  • Kedelai

Menurut studi yang dilakukan oleh tim yang berasal dari Jepang yang meneliti lebih dari 300 pasien sesak napas dan 340 orang sehat dan normal menyatakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi produk kedelai mampu menstabilkan kinerja paru-paru dan juga menurunkan resiko sesak napas pada pasien. Hal ini dikarenakan kedelai kaya akan flavonoid yang berperan sebagai anti-peradangan. Sehingga hal ini dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang dapat menyebabkan kanker.

  • Bawang Putih

Bawang putih diketahui mengandung antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan mengandung senyawa allicin yang berfungsi untuk menghilangkan inflamasi dalam tubuh. Hasil riset menyebutkan rajin mengonsumsi bawang putih minimal dua kali seminggu dapat menurunkan risiko kanker paru-paru sampai 44%.

Selain membersihkan tubuh dari dalam, Anda juga disarankan untuk rajin berolahraga. Sebab olahraga akan memaksa paru-paru Anda untuk bekerja dengan keras sehingga pernapasan Anda akan normal. Seseorang yang sudah kecanduan rokok memang sulit untuk berhenti merokok. Tapi bukan berarti seseorang yang sudah kecanduan merokok tidak bisa berhenti merokok. Dengan tekad dan keinginan yang kuat, kecanduan merokok itu bisa di hentikan.

Dan bagi orang yang tidak merokok tetap harus waspada sebab orang yang menghirup asap rokok juga dapat mengalami gangguan pada kesehatannya. Merokok sangat tidak baik bagi kesehatan seluruh tubuh terutama paru-paru. Agar tetap sehat anda harus mengecek rutin kedokter, tentunya untuk cek paru-paru anda memerlukan biaya yang tidak murah. Alternatifnya anda bisa membuat ramuan tradisional pembersih paru-paru atau jika anda ingin lebih praktis, anda bisa mengkonsumsi obat herbal alami paru-paru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *