Cara Mengatasi Kaki Kram Secara Alami

Cara Mengatasi Kaki Kram Secara Alami – Penyebab kaki kram tidak selalu diketahui, namun umumnya disebabkan ataupun terkait dengan cedera saat berolahraga, kehamilan, dehidrasi, kekurangan asupan mineral tertentu, ataupun pajanan suhu dingin. Kram adalah salah satu keluhan otot yang mungkin sudah anda rasakan. Kram bisa muncul kapan saja dan terjadi dimana saja, meski kebanyakan kasus serangan terjadi pada area kaki. Penyebab dari serangan ini pun beragam. Dan kadang tidak mudah pula untuk dapat mengatasi kram kaki ini dengan cepat.

Kram kaki biasanya ditandai dengan keluhan seperti rasa ditarik pada otot dengan rasa kaku dan nyeri yang sangat. Kadang kaki tampak seperti berdenyut dan menegang. Biasanya serangan kram akan muncul pada area betis, paha, hingga pada area telapak kaki. Kram kaki biasanya terjadi saat kita beristirahat, bahkan mungkin sedang tidur. Orang tua lebih sering terkena kram daripada orang muda. Kram merupakan reaksi kejang pada otot dan beberapa faktor penyebab berikut ini bisa menjadi pemicunya.

kram kaki

– Otot kekurangan unsur air dan mineral

Anda yang berolahraga dan kurang melakukan pemanasan akan lebih rentan mengalami kram otot. Kram terjadi karena otot pada area tertentu, biasanya kaki, kurang tersuplai oleh elektrolit. Penyebabnya karena tubuh mengeluarkan banyak keringat akibat aktivitas olahraga. Sementara disaat yang sama otot belum cukup mendapatkan pemanasan sehingga pembuluh darah belum melebar dan menyebabkan suplai air menuju otot kaki berkurang. Otot kita membutuhkan elektrolit agar bergerak dan berkontraksi normal.

– Otot mendapat terlalu banyak tekanan

Anda berjalan terlalu jauh atau anda mengangkat beban terlalu berat dan dalam waktu lama akan menyebabkan kontraksi otot yang berlebihan. Otot mencapai batas kemampuannya dan menyebabkan efek tegang pada otot. Otot yang tegang karena terlalu banyak tekanan akan menekan pembuluh darah, dan akhirnya aliran darah dan elektrolit menuju otot berkurang, sehingga otot mengalami kram.

– Terlalu banyak sinyal dari otak

Beberapa orang malah bisa mengalami kram disaat duduk atau tertidur. Biasanya karena posisi kaki yang tertindih lama atau berada dalam posisi tertentu lama. Ketika anda langsung menggerakan kaki yang telah lama diam atau tertindih, maka otot akan mengalami efek kejut karena mendapatkan sinyal yang datang cepat dari otak. Efek kejut dan sinyal beruntun inilah yang kemudian membuat otot pada kaki menjadi tegang dan akhirnya mengalami kram.

– Kekurangan Nutrisi

Untuk menjaga kesehatan dan juga kondisi otot membutuhkan sejumlah Click Here seperti fosfor, potasium, zat besi, vitamin B, vitamin D, dan beberapa sumber Click Here lainnya. Kadang kasus tegang pada otot dipicu oleh kekurangan nutrisi yang menyebabkan otot kekurangan daya tahannya terhadap tekanan atau menyebabkan sistem saraf tepi pada otot tidak dapat bekerja dengan optimal.

Pada kebanyakan kasus, orang yang mengalami kram di kaki menarik bagian yang kram dengan cara ditarik agar kram cepat mereda. Tindakan itu sebenarnya tidak tepat dan malah bisa menimbulkan masalah baru. Perlu anda ketahui, kram adalah kondisi dimana menegangnya otot di salah satu bagian sisi tubuh dan menimbulkan rasa sakit yang terjadi selama beberapa menit.

Serangan kram memiliki beberapa tingkatakn rasa sakit, kadang rasa sakitnya ringan dan masih mungkin untuk ditahan. Tapi beberapa menyerang dengan rasa sakit yang sangat, seperti tertusuk dan tertarik kuat. Kebanyakan orang ini segera mengatasi kram kaki dan menyingkirkan rasa sakit yang mendera secepat mungkin. Dan beberapa cara mengatasi kram kaki berikut ini bisa membantu anda mengurangi rasa sakitnya, yaitu :

  • Kompres dengan air hangat area yang terserang kram. Efek hangat akan membuka pembuluh darah sehingga aliran darah akan kembali lancar dan mensuplai otot dengan nutrisi dan elektrolit. Efek hangat juga membantu meregangkan otot yang kaku dan tegang karena serangan kram. Saat mengompres gunakan air yang tidak terlalu panas karena jika terlalu panas malah bisa menyebabkan iritasi pada kulit, gunakan air yang menurut anda hangat dan nyaman saat mengompres pada area yang kram.
  • Hentikan aktivitas dan lemaskan otot dengan peregangan ringan. Gerakkan kaki dengan berjalan perlahan-lahan. Hal ini mengirimkan sinyal di dalam tubuh bahwa otot anda butuh berkontraksi kemudian relaksasi.
  • Pijat lembut setelah ketegangan otot berkurang. Bila rasa nyeri mulai berkurang sebaiknya jangan langsung menggunakan kaki untuk beraktivitas. Duduklah dengan kaki diluruskan dan diamkan sesaat. Biarkan kaki menjadi hangat dengan kompres hangat dan bantu pijat lembut bagian kaki yang sakit untuk membantu memulihkannya.

Jika anda langsung berjalan setelah berhasil mengatasi kram kaki, maka bisa jadi kondisi tegang pada otot belum sepenuhnya hilang. Dan bukan mustahil anda akan mengalami serangan kram kembali. Untuk membantu masalah dalam kram kaki ini ada bisa menggunakan beberapa obat-obatan pereda rasa sakit.

Namun, obat-obatan yang mengandung bahan kimia sangat rentan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Untuk membantu anda dalam mengatasi kram kaki tanpa efek samping dari obat kimia yang berbahaya, anda bisa menggunakan obat herbal alami yang pada dasarnya bahan-bahan alami sangat minim efek samping.

Obat herbal ini membantu anda untuk memulihkan kembali kondisi otot-otot anda yang mengalami kram atau gangguan lainnya. Obat herbal yang dimaksud adalah Triflex Capsule. Obat ini hanya membantu anda dalam proses pemulihan otot-otot yang mengalami masalah dan untuk mengimbangi agar hasilnya baik anda harus menjaga pola hidup anda dan minum air putih, karena dari beberapa kasus kram juga diakibatkan tubuh kekurangan cairann (dehidrasi).
Untuk lebih lengkap mengenai produk obat herbal tersebut anda bisa KLIK DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *