Cara Mengatasi Pegal Linu Di Tangan Sampai Sembuh

Cara Mengatasi Pegal Linu Di Tangan Sampai Sembuh – Pegal linu merupakan kondisi dimana tubuh mengalami rasa pegal atau kakunya otot dan sendi yang membuat rasa tidak nyaman dan menganggu kegiatan sehari-hari. Rasa pegal pada tubuh bisa disebabkan karena masalah yang ringan hingga parah, pegal linu biasanya dipicu oleh suatu pekerjaan seseorang, misal seseorang dituntut untuk bekerja dalam posisi duduk selama berjam-jam, kondisi seperti ini dapat membuat posisi tubuh membungkuk dan akan mengakibatkan otot dan sendi anggota tubuh tertentu mengalami kaku dan tegang. Bagian-bagian anggota tubuh seperti punggung, kaki, leher, bahu, dan tangan memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Diantara bagian anggota tubuh yang paling aktif adalah tangan. Tangan memiliki banyak fungsi dan peran yang penting dalam kehidupan kita.

Namun, dibalik kegunaan tangan dalam kehidupan sehari-hari, tangan juga mengalami banyak masalah jika kita terlalu membebani tangan dengan suatu pekerjaan yang berat. Tangan bisa mengalami pegal-pegal atau bahkan mengalami cedera yang cukup serius. Tangan kita sering atau aktif bergerak dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya, baik untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti pekerjaan yang mengharuskan anda mengetik komputer, menulis, melukis, bermain musik, atau berolahraga. Dari beberapa pekerjaan tersebut pasti anda pernah mengalami tangan kesemutan, kram, dan pegal linu pada tangan. Hal ini dikarenakan tangan mengalami kelehan yang membuat otot dan sendi tangan tegang dan kaku. Selain karena pekerjaan yang berat, pegal linu juga bisa diakibatkan karena faktor lain seperti kurang berolahraga, pemanasan yang salah, kurang tidur, hal ini dapat membuat sirkulasi darah menjadi kurang lancara dan menyebabkan badan capek, pegal, malas, dan hilang semangat atau tidak bersemangat.

pegall pada tangan

Pegal linu ini bisa dibilang kondisi yang ringan dan tidak terlalu berbahaya, namun pegal linu juga bisa menjadi masalah yang serius untuk kesehatan anda. Pegal linu bisa saja merupakan gejala awal adanya penyakit lain dalam tubuh anda, dan masalah lain yang sering dikaitkan dengan pegal linu diantaranya asam urat, rematik. Kedua kondisi ini sering dikaitkan dengan bagian anggota tubuh kita yang mengalami rasa pegal. Maka untuk itu, kita perlu melakukan penanganan sebagai langkah awal meringkan rasa pegal pada anggota tubuh, beristirahat dan banyak minum air putih bisa menjadi salah satu penanganan sederhana yang dapat anda lakukan. Rasa pegal ini membuat terganggunya aktivitas kita sehari-hari, serta membuat kita tidak bekerja dengan baik. Jangan anggap pegal linu sebagai kondisi yang sepele, karena jika kita tidak melakukan pengobatan atau penanganan dengan baik akan membuat kondisi tubuh menjadi buruk.

Pegal pada tangan tidak juga sering dirasakan oleh kalangan usia yang sudah berumur atau tua, tapi kalangan orang muda pun sering mengalami rasa pegal pada tubuhnya. Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami pegal seperti kelelahan karena suatu pekerjaan. Pegal memang buka penyakit yang yang kronis tetapi jika dibiarkan begitu saja, akan menyiksa dan membuat kenikmatan kehidupan seseorang menjadi terganggu sehingga kegiatan yang sudah kita rencanakan tidak bisa kita kerjakan karena badan kita mengalami rasa pegal-pegal atau mengalami rasa nyeri pada sebagain tubuh. Untuk itu kita perlu melakukan cara sebagai langkah awal mengatasi rasa pegal yang sedang kita rasakan.

Beberapa cara sederhana bisa kita lakukan dan tiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda, untuk mengatasi rasa pegal pada tangan kita bisa menggunakan cara sederhana seperti aktif menggerakkan tangan, memijat tangan dengan perlahan, mengompres tangan dengan es batu, atau membuat ramuan tradisional alami untuk menghilangkan rasa pegal. Anda bisa membuat ramuan tradisional di rumah, untuk cara pembuatan ramuannya yaitu siapkan 1 ruas jahe berukuran sedang, perasan jeruk nipis 1 sendok makan, air secukupnya, kain kasa satu gulung, kemudian haluskan jahe, tambahkan air secukupnya, aduk rata adonan, tambahkan jeruk nipis, setelah itu balurkan dan tempelkan pada bagian tubuh yang terasa pegal, selanjutnya balutlah dengan kain kasa, diamkan selama 1 jam. Anda bisa melakukan cara sederhana ini di rumah sampai rasa pegal pada tangan hilang.

Selain dengan cara diatas anda juga bisa menggunakan obat alam pegal linu untuk membantu mengurangi rasa pegal, dan anda juga disarankan untuk makan makanan yang mengandung banyak protein untuk menghilangkan pegal ditangan. Makanan yang kaya protein seperti tempe, tahun daging, susu, telur bisa anda coba untuk mengatasi rasa pegal pada tangan. Pola hidup sehat dan pola makan yang baik juga dapat membantu mengatasi rasa pegal. Cobalah untuk memenuhi kebutuhan protein harian anda dengan makan makanan yang sehat, karena makanan yang mengandung protein juga bisa membantu meregenerasi sel-sel mati dan juga dapat mengutangi rasa pegal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *