Cara Menghilangkan Pegal-pegal Di Punggung

Cara Menghilangkan Pegal-pegal Di Punggung – Setiap hari seseorang menghabiskan setidak setengah hari untuk bekerja atau bahkan lebih dari setengah hari, hal ini dilakukan seseorang demi melakukan kewajibannya sebagai seorang pekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun, tidak selamanya seseorang bekerja dalam keadaan yang fit atau sehat, pastinya sebagian orang pernah mengalami masalah pada kesehatannya pada saat bekerja. Masalah yang ringan hingga berat bisa saja dialami oleh setiap orang. Masalah ringan yang sering kita jumpai adalah pegal pada badan atau bagian anggota badan tertentu. Sebagai contoh kita ambil suatu pekerjaan yang mengharuskan orang bekerja di depan komputer selama setengah hari. Kondisi saat anda bekerja di depan komputer akan membuat bagian tubuh tertentu mengalami masalah seperti otot kaku dan tegang.

Untuk masalah pada pekerja online atau pekerja di depan komputer yaitu terjadinya pegal pada punggung mereka, karena bekerja di depan komputer selama setengah hari atau lebih membuat otot belakang tubuh seperti punggung mengalami kekakuan. Bekerja di depan komputer hanya berdiam diri duduk dalam posisi punggung membungkuk, hal tersebutlah yang kemudian membuat punggung terasa pegal saat kita mulai bergerak atau berdiri setelah lama duduk di depan komputer. Untuk itu kita harus memperhatikan setiap anggota badan kita dengan baik, tidak selamanya punggung yang kuat bisa terus menopang kegiatan anda sehari-hari, punggung juga pasti mengalami kelelahan jika terus menerus bekerja dan punggung membutuhkan waktu istirahat untuk memulihkan kembali otot-otot yang kaku dan tegang tadi.

punggung sakit

Otot punggung yang mengalami kaku membuat kita tidak nyaman untuk bergerak dan bahkan sakit untuk digerakkan. Pegal-pegal pada punggung memang sudah menjadi kondisi yang biasa bagi para pekerja online atau pekerja komputer, namun apabila kondisi ini terus dibiarkan dan tidak segera mendapatkan penanganan akan mendatangkan sesuatu yang berbahaya pada kesehatan tubuh anda. Jika kita mengalami sakit pada punggung karena pegal sebaiknya kita melakukan beberapa penanganan yang sederahan guna meringankan gejala pegal-pegal pada punggung. Hampir semua orang pernah mengalami masalah pada punggungnya. Kondisi ini juga disebabkan karena kekuatan otot punggung cenderung berkurang seiring dengan bertambahnya umur, sehingga punggung rentan terhadap cedera.

Faktor umur juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadi pegal-pegal pada punggung, pada umur yang menginjak tua membuat tulang punggung kaku, cakram tulang punggung menjadi aus, dan membuat tulang belakang menjadi semakin menyempit, sehingga membuat tulang-tulang bergesekan. Dan biasanya kondisi seperti ini membuat punggung terasa sakit dan tidak nyaman serta membuat aktivitas menjadi terganggu. Penting bagi kita tahu bagaimana cara menghilangkan rasa sakit akibat otot punggung kaku agar pegal-pegal pada punggung bisa berkurang dan tidak membuat kondisi tubuh kita menjadi buruk.

Ada beberapa cara yang sangat mudah dilakukan untuk mengurangi dan menghilangkan pegal-pegal pada punggung, berikut ada beberapa cara yang bisa anda lakukan sendiri di tempat kerja atau di rumah, yaitu :

  • Memijat bagian tubuh yang mengalami pegal-pegalĀ 

Jika pada bagian tubuh seperti punggung mengalami pegal itu disebabkan karena ketegangan otot dan kram otot, maka pemijatan dapat membantu anda melemaskan kembali otot serta mengurangi rasa nyeri secara signifikan. Memijat pada bagian tubuh yang pegal merupakan cara sederhana yang dapat membantu menghilangkan pegal-pegal pada tubuh.

  • Banyak istirahat

Ketika rasa pegal dialami oleh anda, sebaiknya banyak-banyaklah mengistirahtkan punggung anda untuk mempercepat proses penyembuhan, tapi jangan dengan istirahat total seperti tidur dalam waktu lama, karena berbaring ditempat tidur terlalu lama akan memperlambat proses penyembuhan, maka beristirahat lah sesuai dengan kebutuhan anda sampai rasa pegal mulai berkurang dan hilang.

  • Melakukan peregangan

Sebelum melakukan aktivitas ada baiknya kita melakukan peregangan terlebih dahulu, karena atlit profesional pun jika tidak melakukan peregangan sering mengalami kram, dan pegal pada bagian-bagian tubuh tertentu, bahkan bisa mengalami cedera karena otot pada tubuh menjadi kaget ketika kita mulai aktivitas tanpa peregangan terlebih dahulu. Lakukan beberapa peregangan sederhana seperti menggerakan tubuh secara aktif dengan perlahan untuk membuat otot dan sendi tulang belakang tidak mengalami kaku.

Cara menghilangkan pegal pada punggung seperti diatas mungkin hanya sebagian dan masih banyak cara lain, karena setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk menghilangkan pegal seperti melakukan terapi atau mengkonsumsi doxycycline for tick bite. Namun, hal yang penting untuk kita ingat, jangan memaksakan tubuh dalam keadaan yang kurang sehat, karena pegal pada tubuh (punggung) bisa jadi tanda awal adanya gejala penyakit yang lebih serius pada tubuh. Sebenarnya pegal atau sakit punggung adalah respon tubuh yang sangat normal, karena ketika punggung mulai terasa sakit, itu menandakan sudah waktunya tubuh untuk beristirahat guna mencegah cedera lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *