Cara Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tetap Sehat

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tetap Sehat –┬áTulang merupakan salah satu bagian dari tubuh yang berfungsi vital untuk manusia. Tulang ini memiliki fungsi untuk menyokong dan menegakkan tubuh. Tubuh manusia dapat melakukan gerakan tertentu dan melakukan aktivitas sehari-hari berkat hasil kerjasama antara otot dan tulang. Tulang juga merupakan tempat menempelnya daging serta otot manusia. Namun, tulang juga memiliki fungsi penting lainnya seperti pembentuk struktur tubuh serta pelindung otak, sistem saraf, dan organ lainnya dari benturan dan cedera. Tulang berperan sebagai tempat penyimpanan mineral, seperti kalsium dan fosfor. Mineral ini menjaga tulang kita tetap kuat dan sehat. Oleh karena itu, kita sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tulang sejak dini, sebab dengan bertambahnya usia maka seseorang cenderung lebih mudah mengalami masalah pada tulang seperti rematik, sakit pinggang, sakit punggung, dan lain-lain.

Dengan menjaga kesehatan tulang sejak usia muda, akan membuat tulang menjadi lebih terawat dan tidak mudah mengalami masalah ringan. Tulang juga sangat membutuhkan perawatan yang baik agar tulang tidak mudah mengalami masalah kecuali terjadi kecelakaan ataupun cedera. Tulang sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari kita, untuk itu setiap orang pastinya ingin mempunyai tulang yang kuat dan sehat. Penting bagi kita untuk mengetahui cara menjaga kesehatan tulang dengan cara yang sederhana dan mudah kita lakukan, kita bisa mendapatkan tulang yang sehat dan kuat karena kita rutin menjaga asupan nutrisi yang baik dalam tubuh. Selain untuk membuat tulang kuat dan sehat, merawat tulang juga adalah bagian dari langkah pencegahan terjadinya atau mengurangi resiko osteoporosis serta penyakit tulang lainnya.

menjaga tulang

Untuk merawat tulang agar sehat dan kuat tidak perlu harus melakukan hal yang istimewa atau membutuhkan biaya yang mahal, kita sendiri bisa melakukannya dengan cara yang sederhana dan mudah. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan sendiri di rumah secara rutin dan teratur untuk membuat tulang tetap sehat dan kuat. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan, diantaranya :

– Berjemur di pagi hari

Saat kita bangun dari tidur kadang kita malas untuk bangun dan selalu berdiam diri di tempat tidur, namun ada baiknya kita pergi ke luar rumah dan berjemur di bawah matahari pagi yang cerah. Pagi hari merupakan waktu yang baik untuk memperoleh sinar matahari yang kaya akan vitamin D. Vitamin D sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang anda. Hanya dengan 10-20 menit berjemur dibawah terik matahari antara jam 7-9 pagi, maka anda sudah bisa mengurangi resiko terkena patah tulang sebanyak 30%. Untuk, lakukan secara rutin kegiatan berjemur di pagi hari sebelum berangkat sekolah ataupun bekerja.

– Menghindari minuman bersoda

Perlu anda ketahui bahwa minuman yang bersoda dapat mengurangi kadar kalsium dalam tulang sehingga berdampak pada keroposnya tulang. Untuk itu hindarilah minuman yang bersoda, dan ada baiknya anda minum air putih saja demi menjaga kesehatan tulang dengan baik dan aman. Dan untuk memenuhi kalsium pada tulang, anda bisa minum susu, karena susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik.

– Rutin berolahraga

Olaharaga bukanlah hal asing bagi setiap orang, karena dengan berolahraga kita dapat menjaga kesehatan tubuh tetap fit. Olahraga merupakan hal penting dalam menjaga kesehatan tubuh terutama pada tulang dan otot. Rutin berolahraga dapat membuat tulang menjadi kuat dan sehat. Namun, anda juga harus memperhatikan keselamatan pada saat berolaharag, sebab banyak jenis olahraga yang membutuhkan tenaga dan kekuatan yang sangat berguna bagi kesehatan tulang. Karena beberapa jenis olaharaga dapat menyebabkan Patah Tulang, Tulang Retak, dan Keseleo. Maka dari itu wajib hukumnya untuk menggunakan jenis pengaman tambahan agar tidak terjadi cedera pada bagian tulang.

– Konsumsi Makanan sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat juga sangat dibutuhkan untuk tulang, makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran merupakan makanan penting yang diperlukan bagi tulang. Untuk itu atur pola makan anda dengan baik dan konsumsi makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan kalsium yang baik. Jika Anda merokok, Anda dianjurkan untuk berhenti. Pasalnya, merokok dapat mengganggu penyerapan kalsium sehingga kalsium yang disimpan dalam tubuh justru terbuang sia-sia. Akibatnya, tulang Anda tidak dapat berfungsi dengan baik. Dan apabila anda ingin mendapatkan nutrisi yang praktis, anda bisa mengkonsumsi lasix for cats ID untuk menjaga kesehatan tulang anda dengan aman.

Tulang manusia terbagi menjadi banyak jenis, mulai dari tulang yang kecil, tulang yang besar, tulang yang panjang dan tulang yang pendek. Setiap jenis ukuran tulang tersebut tersebar di beberapa bagian tubuh, dan saling tersambung satu sama lain dengan disambungkan oleh persendian. Hal inilah yang membuat tulang dapat bergerak bebas, dan melakukan gerakan seperti memutar, menyiku, dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat tulang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita untuk melakukan aktivitas, jika tulang mengalami masalah tentunya akan membua aktivitas kita terhenti dan tidak dapat bekerja secara optimal.

Leave a Reply free dating sites for interracial

Your email address will not be published. Required fields are marked *