Dampak Begadang Pada Kesehatan Anak

Dampak Begadang Pada Kesehatan Anak – Tidur merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan mahluk hidup terutama manusia, mengistirahatkan tubuh dan pikiran dimalam hari memang penting. Itu karena, dengan tidur dimalam hari bisa membuat tubuh kembali bugar dan segar ketika bangun dipagi hari. Sehingga kita akan lebih siap menghadapi tantangan atau kondisi yang berat dan melelahkan. Kebalikannya jika kurangnya jam tidur bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh, akibatnya tubuh akan lemas dan sulit berkonsentrasi.

Kurang tidur bisa menyebabkan masalah gangguan pada kesehatan anak, apalagi untuk usia sekolah, kurang tidur bisa menganggu aktifitas kegiatannya terutama di sekolah. Anak kurang tidur penyebabnya sangat beragam. Mulai dari banyaknya main game, hingga larut malam dan begadang. Oleh karena itu kita sebagai orang tua anak harus mengontrol kegiatan anak agar anak bisa istirahat dengan cukup.

begadang

Anak kurang tidur juga bisa mengakibatkan berat badan bertambah 0,7 kg. Hal tersebut berdasarkan hasil studi seorang peneliti yang berasal dari selandia baru. Anak usia sekolah minimal jam tidur yang terpenuhi adalah 10 jam dalam sehari. Karena aktivitas tidur ini akan memiliki dampak yang baik untuk perkembangannya.

Kurang tidur akibat begadang juga dapat berdampak pada kesehatan yang berbahaya, dampak dari begadang pada kesehatan diantaranya lebih mudah terserang penyakit karena sering tidur larut malam bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun dan mengakibatkan tubuh mudah terkena berbagai macam penyakit.

Ada beberapa penyakit yang bisa saja terjadi pada kesehatan anak anda yang sering begadang, diantaranya:

  • Beresiko terkena hypertensi /tekanan darah tinggi

Efek negatif begadang yaitu berisiko terkena tekanan darah tinggi, salah satu penyebab hypertensi atau yaitu pola hidup yang tidak sehat, selain kurang tidur juga bisa menyebabkan tingkat stress yang tinggi. Stress juga mempengaruhi tekanan darah anak anda.

  • Begadang dapat memicu penyakit jantung dan stroke

Kurang tidur berpengaruh buruk terhadap jantung anak anda. Semua organ tubuh membutuhkan istirahat termasuk jantung, kurang istirahat memberikan tekanan pada jantung anak anda sehingga berujung pada stroke pada usia muda.

  • Penyakit Diabetes

Kebiasaan tidur larut malam menganggu keseimbangan hormon tubuh, termasuk salah satunya yaitu hormon insuline yang berhubungan dengan intoleransi Glukosa. Jika kebiasaan begadang dan terlalu sering tidur larut malam bukan tidak mungkin akan sangat rentan untuk terkena penyakit diabetes.

  • Melemahkan Saraf

Begadang akan mempengaruhi sistem saraf pusat. Sehingga mengakibatkan melemahnya sistem saraf, begitu juga refleks anak anda. Selain itu, jika kebiasaan begadang dijadikan pola hidup rutin. Lama-kelamaan efeknya bisa mengurangi harapan hidup anak anda nanti setelah dewasa.

  • Bisa menyebabkan pusing dan sakit kepala

Pusing dan sakit kepala ini sering terjadi pada seseorang yang kurang tidur, terlalu sering begadang juga mempunyai dampak buruk terhadap otak anak. Sedikit demi sedikit bagian sel otak akan mengalami masalah karena anak tidak cukup beristirahat.

Itulah beberapa dampak buruk begadang bagi kesehatan anak, kurangi dan cobalah ajari anak anda pola tidur yang cukup untuk menghindari efek negatif begadang., sebaliknya barengi kebiasaan tersebut dengan kebiasaan lain yang lebih sehat, seperti mengatur pola makan penuh phd thesis on project management

Baca Juga : http://www.sdcvs.org.uk/

Begadang biasanya sering dilakukan oleh para orang dewasa namun, akibat hal tersebut sering kali anak kita sendiri mengikuti hal tersebut dan tidak tahu dampak buruk begadang pada kesehatan mereka. Untuk itu anda sebagai orang tua perlu memperhatikan kegiatan anak anda ketika malam dan sangat biarkan mereka tidur diluar jam tidur yang telah ditetapkan.

Peran orang tua sangat penting agar kesehatan anak lebih terjaga. Oleh karena itu, biasakan anak-anak anda untuk tidur sekitar jam 9 dan paling malam jam 10. Jika anak anda memiliki tugas dari sekolah coba untuk memberitahu mereka untuk mengerjakannya setelah pulang sekolah. Karena jika mereka mengerjakan tugas pada malam hari tidak sepenuhnya otak mereka fokus pada tugas tersebut dan akhir bisa mengakibatkan stress pada diri mereka.

Anak yang sejak dini memiliki kebiasaan buruk sangat berisiko nanti pada saat mereka mulai dewasa karena dari kebiasaan yang sangat kecil mereka akan terus melakukannya. Jadilah orang tua yang tegas dan aktif dalam memperhatikan dan menjaga kesehatan anak sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *