Dampak Minum Air Es Setelah Makan Pedas Untuk Kesehatan

Dampak Minum Air Es Setelah Makan Pedas Untuk Kesehatan – Saat cuaca terasa panas, kerongkongan terasa kering, minum air es dingin menjadi salah satu cara yang sering kita lakukan, karena minum air es dingin memang sangat nikmat dan menyegarkan. Apalagi kita sering makan-makanan pedas dan minumnya selalu air dingin seperti es teh. Makan-makanan pedas ditemani dengan minuman es dingin memang sangat nikmat, namun sebagian orang belum mengetahui dampak dari hal tersebut, walaupun memang tidak ada anjuran atau larangan pasti mengenai hal seperti ini. Bahaya minum es setelah makan pedas harus anda waspadai karena dapat berdampak kronis pada kesehatan anda. Ketika seseroang minum-minuman dingin saat kepedasan, memang rasa pedas tersebut sedikit demi sedikit akan hilang.

Namun, ketika efek minuman dingin tersebut hilang, maka rasa pedas yang dialami orang tersebut akan bertambah hingga berkali-kali lipat. Oleh karena itu, sebaiknya seseorang tidak memilih air dingin dan lebih baik memilih air hangat untuk menghilangkan rasa pedas tersebut. Hal ini terjadi dikarenakan ada semacam senyawa yang bernama capsaicin yang dikandung makanan pedas dan minum air yang hangat terbukti melarutkan senyawa pembuat rasa pedas tersebut sehingga dapat menghilangkan rasa pedas lebih cepat dibandingkan minum air dingin. Maka anda lebih baik minum air hangat ketika makan makanan pedas, walaupun belum ada penelititan lanjut atau bantahan mengenai manfaat minum minuman hangat untuk menghilangkan rasa pedas ini, tetapi tidak sedikit masyarakat yang menggunakan cara ini.

es dan pedas

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengeliminasi rasa pedas tersebut, seperti makan nasi putih, makan makanan atau minum minuman yang mengandung lemak, seperti susu atau selai kacang, minum minuman asam, konsumsi mentimun. Tapi, sebagian masyarakat masih saja melakukan makan pedas bersama dengan minum es, hal ini dikarenakan kebiasaan kita sendiri. Dampak dari minum es setelah makan pedas ini cukup merepotkan untuk kesehatan anda, berikut ada beberapa dampak dari minum air es setelah makan pedas, diantaranya :

  • Bekunya makanan berminyak yang kita makan dan membuat proses pencernaan menjadi lambat. Pernah membayangkan lemak dari makananĀ  berminyak menumpuk disaluran cerna kita. Ibarat sampah yang menyumbat gorong-gorong, konsumsi air es setelah makan pedas akan membuat proses pencernaan jadi lambat. Ini karena dinding usu yang menyempit, akibatnya tidak bisa menyerap makanan dengan baik. Dan akhirnya gangguan proses pencernaan pun akan terjadi.
  • Memicu terbentuknya batu ginjal. Bagi orang yang mempunyai resiko pembentukan batu ginjal, minum es teh sangat tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat oxalate dalam es teh. Zat oxalate adalah biang utama pemicu terbentuknya batu ginjal. Yang disarankan untuk diminum adalah air putih, jus lemon, atau air dengan tambahn lemon.
  • Perut yang Membuncit. Susah bergerak, berat, dan sangat mengganggu penampilan. Di perut kita terdapat bantalan lemak yang fungsinya untuk menghangatkan. Termasuk menghangatkan air es yang kita minum. Semakin banyak air es yang dikonsumsi, bantalan lemaknya juga akan bertambah. Dari sinilah sumber perut buncit. Apalagi bila tidak diiringi dengan olahraga teratur. Tambah bantalan lemak, tambah buncit.
  • Hilangnya Nutrisi dalam Tubuh. Agar suhu tubuh menjadi normal kembali sesudah minum air es, tubuh perlu kerja ekstra. Padahal tubuh juga harus mencerna makanan dan menyerap nutrisinya. Karena energi tubuh banyak terpakai untuk mengatur suhu badan kita, nutrisi dari makanan yang kita konsumsi jadi tidak terserap secara optimal.

Itulah beberapa dampak buruk minum es setelah makan pedas, selain dampak diatas ada beberapa juga dampak lainnya seperti terjadi pembekuan di otak, memperlambat detak jantung, begah, jadi terus merasa haus, memicu radang tenggorokan, dan bisa menyebabkan pusing. Untuk itu kita perlu memperhatikan pola makan kita dengan baik dan benar. Jika selama ini cara makan kita salah, cobalah untuk merubahnya, hal ini bertujuan untuk kesehatan anda sendiri.

Jangan terlalu banyak makan-makanan pedas selain dampak diatas, makan-makanan pedas juga dapat mengakibatkan usus buntu. Maka hindari makan es setelah makan pedas dan juga hindari banyak makan-makanan pedas berlebih karena dampaknya akan buruk untuk kesehatan anda. Hal paling penting mengenai penjelasan diatas adalah jangan membiasakan kebiasaan buruk anda kepada anak-anak, karena setiap anak terkadang memiliki kebiasaan yang sama seperti orang tuanya. Untuk itu ajari pola makan yang sehat dan benar.

Leave a Reply ativan gel Kansas

Your email address will not be published. Required fields are marked *