Dampak Sering Membunyikan Sendi Jari Tangan

Dampak Sering Membunyikan Sendi Jari Tangan – Membunyikan jari atau sendi-sendi jari saat anda merasa pegal terkadang terasa melegakan, bahkan mungkin memuaskan. Namun, para dokter tidak menganjurkan kita untuk terlalu sering membunyikan buku jemari karena menurut beberapa penelitian, kebiasaan ini bisa menimbulkan cedera.

Dulu ada dugaaan membunyikan jari bisa menyebabkan arthritis, tapi belakangan anggapan tersebut terbantahkan. Membunyikan sendi jari bisa menyebabkan tekanan negatif yang menarik gas nitrogen ke sendi, seperti saat berbunyi “krek”. Bunyu “krek” bisa juga terdengar jika tendon mengenai jaringan karena perubahan minor dalam jalur gesekannya, ini bisa menyebabkan rusaknya massa otot dan perubahan gerak.

sendi jari

Memang rasa lega akan muncul bila kita membunyikan sendi jari-jari tangan pada saat badan terasa mulai pegal atau capek, karena banyak pekerjaan yang harus anda selesaikan. Sehingga membunyikan sendi jari atau sendi yang lainnya adalah kebiasaan yang sudah menjadi suatu kondisi yang biasa untuk kita lakukan ketika merasa pegal.

Namun, kita sendiri tidak tahu apakah hal tersebut aman atau malah mempunyai dampak yang berbahaya untuk persendian kita. Membunyikan sendi jari justru mempunyai dampak yang serius untuk tubuh kita dan bisa membuat suatu masalah pada persendian karena itu kita harus menghindari kebiasaan membunyikan sendi terlalu sering.

Ada beberapa kondisi yang dapat ditimbulkan saat kita membunyikan sendi jari atau sendi yang lainnya saat kita merasa pegal, seperti :

  • Bisa menimbulkan penyakit sendi 

Apabila anda sering membunyikan sendi jari-jari dan tulang leher dengan cara meregangkan keduanya sampai menimbulkan bunyi, hal demikian memang suatu kebiasan yang perlu dicegah. Karena sebenarnya hal tersebut sudah menyalahi aturan pada umumnya. Sehingga dampaknya juga tidak baik, yaitu bisa merusak tulang rawan pada jari-jari tangan dan leher anda. Apabila kebiasaan yang seperti ini anda lakukan secara terus menerus, maka dalam jangka panjang bisa menyebabkan anda terkena penyakit sendi yang cukup serius

  • Menimbulkan gangguan fungsional tangan

Jika anda terlalu sering membunyikan sendi jari-jari tangan bisa menimbulkan kerusakan pada ligament dan jaringan lunak, dalam jangka panjang. Selain itu, kebiasaan tersebut juga bisa berdampak pada kekuatan pada tangan. Sehingga menurunnya kekuatan pegangan, yang mana tangan lambat laun akan semakin melemah. Hal tersebut dikarenakan seringnya anda membunyikan jari-jari tangan dengan cara meregangkannya sampai menimbulkan bunyi, ini menjadikan jari-jari tangan anda mengalami pembengkakan. Dan semuanya itu akan mengarah pada gangguan fungsional pada tangan anda.

Baca Juga : clockwork orange essay

Mulai sekarang cobalah untuk mengurangi kebiasaan membunyikan persendian anda sedikit demi sedikit. Supaya tulang dan persendian kita tetap kuat dan tidak menimbulkan resiko jangka panjangnya. Selain itu juga, ada banyak bahaya yang mengintai tubuh anda dibalik kegiatan membunyikan persendian tulang ini diantaranya :

– Hilangnya kontrol persendian

Membunyikan persendian bisa mengakibatkan bagian kaki dan tangan sulit diperintahkan oleh otak. Untuk mampu bergerak ruas jari kita tentunya membutuhkan syaraf atau rangsangan dari otak sebagai pusat komando. Jika ini gagal dilakukan di otak, persendian anda akan susah digerakan dan akan nampak seperti robot yang kaku.

– Rapuhnya tulang rawan

Membunyikan bagian ruas jari dapat merangsang keluarnya cairan sinovial yang akan berubah menjadi udara bersamaan dengan keluarnya bunyi seperti retakan. Kebiasaan ini jika dilakukan secara terus-menerus itu tidak baik karena menyalahi aturan persendian normalnya dapat merapuhkan hingga menghancurkan tulang-tulang rawan di dalamnya.

– Pelemahan kekuatan tangan

Efek lainnya adalah persendian kita akan membesar disertai dengan melemahnya kekuatan tangan. Dengan besaran pelemahan kurang lebih seperempat dari kekuatan tangan yang seharusnya. Membunyikan buku jari tangan dan persendian tulang lainnya akan terasa ketika kita sudah tua nanti, 30 hingga 40 tahun mendatang.

Oleh karena itu, setidaknya anda bisa mencari solusi lain dengan tepat untuk mengatasi rasa pegal dan capek dalam diri anda tanpa harus membunyikan sendi jari-jari tangan dan sendi lainnya seperti sendi leher. Mungkin dengan cara sering melakukan pemanasan ringan seperti jalan kaki selama beberapa menit, salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi rasa pegal pada tubuh anda. Dan masih banyak cara lain yang bisa anda terapkan untuk mengatasi rasa pegal anda dengan tidak membunyikan sendi dan tulang anda terlalu sering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *