5 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak

cerdas

Makanan yang sehat merupakan nutrisi penting supaya hidup anda lebih berkualitas. Banyak sekali manfaat dari makanan yang kita konsumsi sehari – hari tergantung jenis dari makanan tersebut. Salah satunya adalah makanan yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak atau IQ. Masyarakat sering berpikir bahwa kecerdasan merupakan hal yang bersifat turunan / Gen. Namun sebenarnya kecerdasan Otak / IQ dapat ditingkatkan dengan merubah pola makan yang sehat karena ada beberapa jenis makanan yang telah terbukti dapat meningkatkan fungsi otak dan menambah daya ingat.

1. Biji bunga matahari ( Kuaci )

kuaci

Cemilan yang satu ini banyak ditemui di masyarakat indonesia. Namun apakahan ada tau apa kandungan yang terdapat pada biji bunga matahari ini?

Ternyata biji bunga matahari kaya akan Vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan daya ingat, meningkatkan fungsi otak. Menurut sebuah makalah yang diterbitkan dalam Neurobiology of Aging menemukan bahwa orang yang mengonsumsi Vitamin E lebih sedikit beresiko terkena gangguan pada organ otaknya. Hal tersebut karena Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi otak yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Ikan Sarden

sarden

Ikan sarden kaya akan vitamin D seperti kandungan yang ada pada sinar matahari. Vitamin D ini berfungsi sebagai pelindung dari serangan berbagai penyakit dan penurunan mental seseorang. Sebuah studi terbaru yang diterbitkan di jurnal Neurology melaporkan bahwa orang yang kekurangan asupan Vitamin D mengalami penurunan mental daripada orang yang tingkat Vitamin D nya berkecukupan. Oleh sebab itu asupan Vitamin D dari ikan sarden ini sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai penambah pasokan Vitamin D dari sinar matahari.

3. Telur

kuning telur

Telur mengandung kolin yang merupakan kelompok dari Vitamin B. Kolin sendiri memiliki fungsi yang sangat penting karena terdapat fosfatidilikolin dan sphingomyelin dimana merupakan molekul lipid yang berfungsi sebagai isolator pada sistem saraf.  Dengan adanya isolator tersebut maka akan mempercepat kinerja dari otak. Bagian yang sangat direkomendasikan yaitu terdapat pada kuning telur.

4. Kacang Kenari

kacang kenari

Para ilmuan di Trufts University menemukan bahwa kacang kenari ini mampu meningkatkan kekuatan organ otak anda karena kacang ini sangat kaya akan antioksidan polifenol dan asam lemak omega – 3. Dapat meningkatkan fungsi dari otak, kacang kenari juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

5. Daging Sapi

daging sapi

Danging sapi merupakan makanan yang mengandung zat besi tinggi. Adapun fungsi dari zat besi yaitu dapat memabantu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke organ otak.

Posted by : nutrisi penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *