Kandungan Gizi Pada Singkong

Ternyata Singkong Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

singkong

Singkong merupakan tanaman berjenis umbi umbian yang berasal dari hutan Selatan Amerika. Singkong ini termasuk jenis umbi yang banyak digemari di bagian Afrika, Amerika dan Asia termasuk Indonesia. Tanaman ini tumbuh pada daerah tropis yang mempunyai suhu lembab dan tanah subur dan rata Рrata mempunyai ketinggian sekitar 2 Р4 meter. Beberapa kandungan dalam singkong yaitu Kalsium, VItamin, Protein dan Zat Besi dan tentunya hal tersebut dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Hal yang penting untuk diperhatikan yaitu tidak boleh mengonsumsi singkong mentah karena mengandung asam hydroxycyanic dimana senyawa ini dapat mengganggu metobaolisme dalam tubuh. Ketika seseorang mengkonsumsi singkong mentah maka bisa mengakibatkan timbulnya keracunan. Gejala yang ditimbulkan meliputi mual, muntah, sakit kepala, sakit perut, bahkan bisa berujung kematian.

Untuk seseorang yang mengganti menu karbohidratnya dengan singkong, disarankan tidak mengkonsumsinya dalam jangka panjang karenadapat menyebabkan penyakit dibaetes melitus, hal tersebut sudah pernah dialami oleh penduduk pedesaan yang mengkonsumsi singkong secara rutin.

Selain mengandung karbohidrat yang tinggi, singkong juga memiliki manfaat lainnya seperti berikut ini :

1. Singkong sangat rendah lemak dan protein daripada sereal dan kacang – kacangan. Meskipun demikian kandungan protein pada singkong jauh lebih tinggi daripada jenis umbi – umbian lainnya seperti ubi dan kentang.

2. Mengandung vitamin B kompleks diantaranya float, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin dan asam pantotenat.

3. Mengandung vitamin K yang memiliki peranan penting untuk meningkatkan massa tulang.

4. Mengandung kalium yang merupakan komponen penting dari sel cairan tubuh untuk membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah.

5. Sebagai terapi untuk pengobatan penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan pada saraf otak.

Created by : http://happiness-at-school.ca/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *