4 Manfaat Daun Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

manfaat daun jeruk nipis

story writers – Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang sering digunakan sebagai bahan minuman segar. Selain itu buah ini juga berkhasiat untuk kecantikan seperti digunakan sebagai pencuci wajah supaya terlihat lebih segar. Namun kebanyakan orang hanya memanfaatkan buah jeruknya saja dan tidak memperhatikan bagian lain seperti pada daun jeruk. Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari daun jeruk nipis, mulai dari bahan pewangi ruangan, parfum juga digunakan untuk bahan pembersih piring. Selain itu ternyata daun jeruk bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Berikut adalah 4 Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan

1. Untuk Menjaga Kesehatan Gigi

menjaga kesehatan gigi

Gigi merupakan bagian dari organ tubuh yang harus dijaga kebersihannya. Pasalnya semua orang menginginkan gigi yang berwarna putih dan bersih. Permasalahan yang sering terjadi yaitu adanya lubang pada gigi,  karang pada gigi,  atau warna gigi ke kuning – kuningan. Dandungan pada daun jeruk nipis yaitu Vitamin C, dimana berkhasiat untuk menunjang kesehatan gigi dan terhindar dari berbagai gangguan pada gigi.

2. Mengatasi Perut Kembung

mengatasi perut kembung

Orang tua zaman dulu sering melakukan pengobatan sederhana secara tradisional seperti dengan menggunakan daun jeruk nipis untuk mengatasi perut kembung. Ternyata dalam daun jeruk nipis mengandung senyawa asam esensial dan apigenin. Senyawa tersebutlah yang bisa memperbaiki gas dalam lambung.

3. Mengatasi Diare

mengatasi diare

Tidak salahnya mencoba alternatif yang satu ini. Dengan menumbuk daun jeruk nipis kemudian dikunyah ternyata dapat meringankan diare. Diare sendiri bermacam macam penyebabnya, seperti dikarenakan gangguan bakteri dalam usus atau biasanya disebabkan oleh masuk angin.

4. Mengusir Nyamuk

mengusir nyamuk

Nyamuk merupakan hewan kecil yang sangat mengganggu. Meskipun kecil, nyamuk bisa sangat mematikan. Hewan yang satu ini sangat lihai sebagai perantara penyakit pada manusia. Untuk mengatasinya anda bisa gunakan daun jeruk nipis. Daun jeruk nipis mengandung senyawa limonoid yang disebut dengan teranoriterpen dimana bermanfaat untuk mengusir serangga seperti larva, jentik – jentik nyamuk dan nyamuk itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *