Manfaat Yoga Untuk Mengatasi Rematik

Manfaat Yoga

Manfaat Yoga

Yoga berasal dari bahasa sanskerta yaitu yuj yang berarti penyatuan. Maksudnya proses penyatuan tubuh dengan pikiran sehingga bisa mendapatkan kebahagiaan, keseimbangan serta penyatuan dengan alam sekitar. Proses pelaksanaan senam yoga dan fleksibilitas dilakukan dengan beberapa latihan dan pose tubuh kemudian diikuti dengan latihan pernapasan . Latihan pernafasan sangat penting dalam yoga untuk mendapatkan peregangan otot yang lebih maksimal sehingga bisa meningkatkan fleksibilitas secara menyeluruh. Tentunya untuk mendapatkan kelenturan otot melalui gerakan yoga ini tidaklah instan, harus melalui serangkaian proses yang berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Yoga merupakan aktivitas meditasi yang fokus terhadap gerakan dan pikiran. Sekarang ini yoga telah menjadi tren karena gerakan – gerakan yoga sangat baik untuk kesehatan baik itu fisik ataupun mental. Yoga dapat membuat tubuh menjadi segar membantu memperbaiki syaraf – syaraf yang mati, otot – otot yang tadinya tegang menjadi lebih rileks, sirkulasi darah menjadi lancar, dan beberapa organ tubuh menjadi lebih fleksibel.

Dalam segi mental, gerakan yoga tertentu sangat baik untukĀ  menghilangkan stres dari tubuh dan pikiran. Hal tersebut karena pada gerakan yoga memerlukan konsentrasi penuh sehingga bisa mendapatkan ketenangan pikiran sehingga akan terbebas dari tekanan stress dan depresi. Meningkatkan kewaspadaan tubuh karena yoga berfungsi untuk menyelaraskan jiwa dan raga.

Ternyata yoga juga baik untuk meringankan penyakit rematik. Gerakan dari yoga itu sendiri bisa melatih persendian agar pergerakannya lebih fleksibel dan bergerak pada jangkauan penuh.. Dr. Clifton O. Bingham III yang merupakan direktur Johns Hopkins Arthritis Center mengemukakan bahwa ” Langkah pertama kami adalah untuk memastikan bahwa yoga adalah pilihan yang tepat dan aman untuk penderita arthritis ” . Beliau melakukan riset dan menemukan bahwa ” peserta yang ikut dalam yoga melaporkan peningkatan 20% dalam nyeri, tingkat energi dan suasana hatiPara peserta yoga juga melaporkan tentang adanya perubahan baik dalam kecepatan berjalan dan sendi menjadi bebas untuk bergerak.

Posted by : nutrisipenting.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *