Menurunkan Gula Darah Dengan Konsumsi Makanan Sehat

Menurunkan Gula Darah Dengan Konsumsi Makanan Sehat – Gula darah merupakan suatu istilah yang digunakan pada kondisi keadaan glukosa dalam darah seseorang. Glukosa merupakan sumber energi utama dalam tubuh ketika dialirkan melalui darah. Namun jika kondisi kadar gula seseorang terlalu tinggi justru akan memicu terjadinya penyakit. Penyakit mengancam seseorang ketika kadar gula dalam darah mulai melebihi dari ambang batas normal adalah diabetes melitus. Kondisi kadar gula darah yang rendah pun juga tidak baik yang biasa disebut dengan hipoglikemia. Yang ditandai dengan kondisi tubuh dan perasaan yang lelah, kondisi fungsi yang semakin menurun, mudah untuk tersinggung, bahkan kehilangan kesadaran.

makanan sehat gula darah

Gula darah tinggi bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Yang paling sering, ini akan menyebabkan diabetes, terutama pada orang yang mempunyai sejarah keluarga diabetes. Penderita diabetes harus memonitor pola makan mereka untuk mencegah gula darah mereka menjdi sangat tinggi atau sangat rendah. Orang yang mewarisi gen diabetes bisa menjaga level gula darah tetap rendah dengan berhati-hati dengan pola makan mereka, dan mengurangi resiko perlunya tindakan medis. Nutrisi yang cukup dan bergizi sangat penting untuk mengendalikan kdar gula darah. Mengatur pola makan merupakan kunci utama agar kondisi gula darah dalam tubuh tetap normal.

Baca Juga : http://www.toutdz.com/

Selain rutin berolahraga, menjaga pola makan dengan baik juga sangat disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh. Pola makan yang sehat akan berdampak pada tubuh yang sehat. Menjaga pola makan akan sangat membantu menurunkan kadar gula yang tinggi. Ada beberapa makanan yang bisa membantu anda menurunkan kadar gula darah tinggi dengan alami seperti aneka jus sehat, jus buah bit, apel hijau, tomat, jus semangka, makan pare dan sayuran-sayuran yang menyehatkan. Makan roti gandum juga baik karena banyak mengandung serat yang bagus. Berikut ini cara menurunkan kadar gula darah secara alami melalui bahan-bahan tradisional lainnya serta makanan, yaitu antara lain :

  • Kayu Manis

Anda mungkin berpikir kayu manis rasanya manis dan mengandung gula, namun kayu manis ampuh dalam mengurangi gula darah dan mengurangi risiko untuk berkembangnya diabetes. Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis baik untuk menurunkan glukosa dalam darah, kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Namun hati-hati menggunakan kayu manis dalam dosis besar dapat berbahaya. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai kayu manis jenis apa yang cocok untuk anda.

  • Kacang-kacangan

Kacang kacangan merupakan makanan tinggi serat dan protein, rendah lemak dan kalori, yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Kacang-kacangan kaya serat, larut dan tidak larut, membantu mengurangi penyerapan lemak dan gula.

  • AlpukatĀ 

Asam lemak tak jenuh merupakan komponen penting dari mengelola kadar gula darah. Asam lemak tak jenuh adalah unsur hara utama yang terkandung dalam beberapa makanan seperti alpukat. Alpukat terbukti mampu menurunkan risiko sindrom metabolik, termasuk diabetes. Alpukat juga meningkatkan perasaan kepuasan setelah makan, dan memiliki dampak yang sehat pada tekanan darah dan peradangan.

  • Pare

Pare bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan mempertahankan kadar gula darah agar tetap stabil. Meskipun memiliki rasa yang pahit namun pare memiliki manfaat yang besar untuk diabetes.

  • Bawang Putih

Bawang putih telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan kadar gula dalam darah. Sebuah studi yang dilakukan kepada seekor tikus dan kelinci menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih dapat menurunkan gula darah. Ekstrak bawang putih meningkat jumlah insulin pada orang dengan diabetes. Meskipun menimbulkan bau nafas tidak sedap, bawang putih merupakan bumbu makanan yang baik dan ternyata baik untuk mengelola kadar gula darah anda.

Itulah beberapa makanan yang bisa anda konsumsi untuk menurukan kadar gula darah yang tinggi dengan aman dan alami serta mudah didapatkan karena bahan-bahan tersebut banyak terdapat di pasar dan harganya pun relatif terjangkau. Namun, apabila makanan berikut tidak menimbulkan hasil yang baik, cobalah untuk pergi ke dokter dan langsung berkonsultasi agar anda mendapatkan penanganan yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *