Nutrisi Sehat Untuk Mencegah Masalah Pencernaan Saat Puasa

Nutrisi Sehat Untuk Mencegah Masalah Pencernaan Saat Puasa – Puasa atau disebut dengan nama bulan suci ramadan merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan bagi umat muslim, puasa merupakan kewajiban yang biasa dilakukan oleh semua umat islam dimana mereka harus menjauhkan diri dari semua makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam sehari. Maka, seseorang yang sedang berpuasa memiliki rentang waktu yang sangat sempit untuk mendapatkan cukup energi dan nutrisi. Orang yang berpuasa harus membuat asupan makanan yang terbaik dari dua waktu makan yang diizinkan saat berpuasa, yaitu ketika makan sahur atau saat waktu fajar dan saat berbuka puasa setelah matahari terbenam. Namun, mengingat kondisi cuaca di negara kia indonesia ini yang panas dan lembab, pastinya banyak kendala atau masalah pada kesehatan kita seperti dehidrasi yang merupakan salah satu resiko paling umum selama bula puasa.

Selain itu, banyak orang mengalami sakit kepala dan masalah konsentrasi saat berpuasa. Perbedaan drastis dalam kebiasaan makan dan rutinitas selama 30 hari Ramadan juga bisa berakibat pada berbagai masalah pencernaan, termasuk konstipasi dan nyeri lambung. Gangguan pencernaan bisa dipicu oleh dorongan untuk makan lebih banyak dari biasanya selama berbuka puasa. Orang sering merasa lesu dan kehabisan tenaga juga. Sembarangan mengonsumsi makanan saat berbuka puasa setelah seharian berpuasa dapat menyebabkan masalah kesehatan. Salah satunya gangguan pencernaan. Kondisi ini pun diperparah dengan kebiasaan buka puasa “balas dendam”. Istilah balas dendam adalah ketika kita berbuka puasa, kita sering melakukan hal yang diluar batas seperti makan dengan berlebihan dan tidak peduli apapun makanannya yang penting perut kenyang setelah berpuasa seharian. Hal inilah yang dapat menimbulkan masalah seperti gangguan pencernaan.

makanan sehat saat puasa

Agar tetap bisa berpuasa dan memperlancar pencernaan, mencegah asam lambung serta menjaga tubuh tetap terhidrasi, kita harus menjaga dan memperhatikan asupan nutrisi yang baik dalam tubuh, sebab asupan nutrisi yang tidak baik dalam tubuh merupakan faktor utama yang membuat kesehatan anda terganggu seperti masalah pencernaan. Untuk itu, ada baiknya kita mengonsumsi buah-buahan dan minuman tertentu yang dapat membuat asupan nutrisi kita terjaga sehingga masalah pada pencernaan dapat kita atasi dengan aman selama puasa. Berikut ini ada beberapa nutrisi sehat yang berasal dari buah-buahan segar, buah-buahan tersebut antar lain :

  • Semangka 

Semangka merupakan buah segar dan lezat karena rasanya yang manis, buah ini juga sangat disukai banyak orang. Nutrisi sehat yang ada dalam buah semangka ini ternyata sangat baik untuk tubuh dan dapat membantu mengatasi masalah pada pencernaan secara aman dan alami. 92% semangka mengandung air dan kaya akan vitamin A, B6, C, nutrisi, antioksidan, asam amino serta potasium yang bisa membantu tubuh tetap terhidrasi. Anda bisa mengkonsumsi buah semangka ini saat sahur atau juga saat berbuka puasa, asalkan teratur dan rutin dalam mengkonsumsinya.

  • Anggur 

Buah anggur ini banyak disukai oleh orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Buah anggur ini memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat buat tubuh. Bulir-bulir anggur bisa mengatasi konstipasi, gangguan pencernaan dan kelelahan. Anggur juga mengandung vitamin A, C, B6 dan mineral seperti potasium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium serta selenium. Nutrisi sehat dalam anggur ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

  • Jeruk

Jeruk ini memiliki rasa yang manis dan juga segar, oleh sebab itu buah jeruk ini sangat disukai oleh semua orang. Selain itu, buah ini juga sangat mudah didapat. Namun, Tak hanya segar, jeruk juga kaya akan vitamin baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda pun bisa mengonsumsi buah ini secara langsung atau dalam bentuk minuman.

  • Lemon

Buah yang satu ini mungkin sebagian orang jarang sekali menggunakannya, akan tetapi buah lemon ini sangat baik untuk kesehatan tubuh anda dan juga dapat mengatasi masalah kesehatan dengan alami. Buah ini sering dijadikan sebagai minuman jus atau es, pastinya pernah minum es lemon tea kan, atau es jeruk lemon yang kebanyakan menjadi hidangan minuman utama karena buah ini membuat kita segar kembali. Selain segar, campuran air dengan potongan lemon bisa berperan sebagai antiseptik, mendetoks liver, meningkatkan cairan tubuh hingga mencegah dehidrasi.

Agar terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit, hindari makanan berlemak, gorengan dan pedas pada saat sahur. Tingkatkan asupan buah dan sayuran karena kaya akan serat dan membantu mencegah sembelit. Buah dan sayuran juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang akan Anda butuhkan untuk menjaga konsumsi nutrisi seimbang sepanjang bulan Ramadan. Selain nutrisi sehat dari buah-buahan kita juga harus rutin mengkonsumsi sayuran, untuk itu sediakan sayuran seperti brokoli, buah ara kering atau kurma, lentil, ubi jalar dan bayam sebagai menu makanan saat sahur atau berbuka. Pastikan asupan nutrisi dalam tubuh anda tetap terjaga walau dalam keadaan puasa, hal ini bertujuan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit saat berpuasa. Sehingga puasa tetap berjalan dengan lancar tanpa anda masalah dalam kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *