Nutrisi Untuk Tulang Setelah Patah

Nutrisi Untuk Tulang Setelah Patah – Patah tulang merupakan kondisi yang menggambarkan retak atau patahnya tulang yang disebabkan oleh berbagai akibat seperti terjatuh, kecelakaan kendaraan, cedera, aktifitas atau pekerjaan dan kondisi penyakit tertentu seperti tumor tulang dan osteoporosis. Patah tulang memang sangat berpotensi membuat seseorang terhalangi untuk melakukan kegiatan sehari-hari, apalagi tulang yang patah merupakan tulang yang sangat berperan menopang tubuh misalnya tulang paha, kaki, atau bahkan tulang belakang.

patah tulang

Sedangkan proses penyembuhan atau penyambungan tulang yang patah tersebut dapat memakan waktu mingguan, bulanan, atau bahkan bertahun-tahun tergantung pada tingkat keparahannya, jenis tulang serta patah tulang nya (fraktur). Patah tulang dapat menyembuhkan dalam waktu yang singkat yakni sekitar tiga minggu untuk daerah seperti jari-jari kaki, sedangkan untuk tulang paha bisa membutuhkan waktu selama 24 minggu.

Baca Juga : dating rule

Masalah kesehatan patah tulang memang tidak mengenal usia, anak-anak, orang dewasa ataupun orang tua yang sudah lansia. Patah tulang terjadi karena adanya tekanan pada tulang yang melebihi batas kekuatan dari tulang sehingga tulang tidak bisa menahannya dan terjadilah patah tulang. Gejala yang dapat di rasakan ketika patah tulang yaitu sakit yang sangat, pembengkakan, memar, kelainan bentuk, dan ketidakmampuan untuk menggunakan anggota badan.

Menurut Nemours Foundation, tubuh secara alami menyembuhkan patah tulang dengan sendirinya. Mengenakan gips tulang dapat membantu untuk menjaga tulang agar tetap diam tidak melakukan gerakan. Kalsium adalah xanax peaches Colorado Springs yang bertanggung jawab untuk menjaga tulang agar tetap sehat. Kalsium ini juga diserap oleh tubuh bersama dengan vitamin D. Peningkatan asupan kalsium akan membantu mempercepat pemulihan atau penyembuhan patah tulang. Kalsium ini bisa anda dapatkan dalam produk susu, sayuran dan saat ini banyak tersedia dalam suplemen.

Selain itu, mengkonsumsi makanan tertentu juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pada mereka yang mengalami patah tulang. Berikut beberapa makanan yang baik dan sehat dikonsumsi oleh penderita patah tulang, diantaranya :

patah tulang

  • Brokoli

Brokoli adalah salah satu makanan terbaik yang dapat menyembuhkan patah tulang karena kaya akan vitamin K. Vitamin K dapat mempercepat penyembuhan patah tulang karena terlibat dalam proses mineralisasi tulang. Linus Pauling Institute di Oregon State University menyatakan bahwa secangkir brokoli memiliki sekitar 220 mcg vitamin K.

  • Yogurt

Asam amino yang ditemukan dalam yogurt, seperti lisin dan glutamin, meningkatkan penyerapan kalsium, yang meningkatkan massa tulang. Selain itu, kalsium ditemukan dalam yogurt sangat penting untuk penyembuhan tulang karena tulang yang sebagian besar terdiri dari kalsium dan fosfor. Asam amino merupakan blok bangunan protein, dan mineral kalsium baik dapat membantu untuk menyembuhkan patah tulang.

  • Jeruk

Makan jeruk dapat memiliki beberapa manfaat untuk orang-orang dengan patah tulang. Menurut Pusat for Better Bones, jeruk kaya akan vitamin C, yang bertindak sebagai agen anti-inflamasi, mengurangi rasa sakit sementara mendorong pertumbuhan massa tulang baru. Vitamin C juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga penyembuhan datang lebih cepat, menurut Pusat for Better Bones.

  • Susu

Beberapa penelitian medis menunjukkan bahwa susu merupakan sumber yang kaya akan protein dan kalsium. Tentu saja ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan proses penyembuhan akan lebih cepat. Nemours Foundation menyatakan bahwa vitamin D dalam susu membantu untuk memberi makan tulang dengan meningkatkan jumlah kalsium yang mereka dapat menyerap.

  • Bayam

Bayam memiliki dua mineral penting untuk tulang yaitu kalsium dan seng. Kedua mineral ini dapat membantu membangun kembali tulang. Seng, yang bayam memiliki banyak, membantu menyebabkan reaksi kimia yang dibutuhkan untuk membangun tulang. Makanan lain yang tinggi di seng meliputi berbagai jenis daging sapi, tiram, gandum dan biji labu.

Itulah beberapa nutrisi alami yang terdapat dalam makanan seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan sehat lainnya. Tulang memang sangat membutuhkan nutrisi yang baik dari dalam, hal ini agar tulang yang patah bisa sehat kembali dengan cara memenuhi nutrisi tulang secara alami dan aman. Tulang yang patah membutuhkan proses yang lumayan lama untuk kembali sehat dan normal, maka anda harus bisa mengatur jadwal istirahat dengan baik dan jangan memaksakan tulang bekerja terlalu keras.

Selain, nutrisi yang didapatkan dalam makanan sehat diatas, jika anda seseorang yang selalu ingin mendapatkan nutrisi secara praktis, anda bisa mengkonsumsi suplemen alami tulang dan sendi untuk memenuhi nutrisi tulang setelah patah. Selalu terapkan pola hidup sehat dan juga pola makan yang teratur untuk menjaga kesehatan tubuh dengan baik terutama tulang dan sendi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *