Penyebab BAB Berdarah Dan Cara Mengatasinya

Penyebab BAB Berdarah Dan Cara Mengatasinya –¬†Sebagian orang pasti tidak mengetahui atau bertanya-tanya ketika mereka buang air besar disertai dengan adanya darah yang keluar, tentu hal ini menjadi menakutkan ketika kita mengalaminya dan bagaimana cara mengatasinya. Buang air besar yang bercampur dengan darah menunjukkan adanya gangguan pada saluran pencernaan. Darah ada yang sangat sedikit sekali sehingga nampak oleh pasien dan baru diketahui saat dilakukan pemeriksaan feses. Namun ada juga yang terlihat jelas bahkan cenderung banyak dan bercampur dengan tinja. Darah yang dikeluarkan anus disebabkan oleh adanya luka di bagian dalam anus tersebut. Meskipun luka itu terbilang kecil tetapi tetap saja akan menyebabkan keluarnya darah.

Buang air besar berdarah merupakan salah satu gejala penyakit yang cukup umu akibat penyakit tertentu. Biasanya hal ini sering terjadi pada bayi, anak-anak hingga dewasa. Adanya darah pada feses pada umumnya adalah hal yang sangat berbahaya, namun yang perlu anda ketahui tidak semua BAB berdarah merupakan masalah serius yang dapat mengancam jiwa. Oleh karena itu, mengetahui penyebab dari masalah tersebut adalah hal yang sangat penting untuk mengatasinya. Penyebab yang pertama adalah adanya penyakit wasir atau ambeien. Adanya penyakit ini merupakan penyebab BAB berdarah yang sering kita jumpai. Selain adanya darah merah terang yang menetes ketika atau setelah feses keluar, wasir ini memiliki ciri yaitu adanya tonjolan atau benjolan dari dalam anus yang keluar ketika BAB, dan benjolan tersebut akan kembali masuk setelah selesai BAB.

penyebab bab berdarah

Wasir dan ambeien sendiri merupakan penyakit utama yang menyebabkan BAB berdarah dan dalam dunia medis lebih dikenal dengan istilah hemoroid. Hemoroid sendiri dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan lokasi anatomis yang mengalami kelainan yakno hemoroid interna dan hemoroid eskterna. Penyebab dari ambeien ataupun wasir ini adalah penebalan bantalan jaringan disekitar anus yang terdiri dari pembuluh darah dan penebalan ini dapat menimbulkan berbagai keluhan yang sangat menganggu. Penebalan ini dipengaruhi oleh kebiasaan mengedan yang sering dialami oleh pasien yang sulit buang air besar. Pada wasir atau hemoroid eksterna keluhan yang sering timbul adalah perasaan tidak nyaman saat duduk dan terkadang nyeri yang disebabkan oleh pembengkakan dan juga penyumbatan pada pembuluh darah di sekitar anus namun jarang menimbulkan pendarahan saat buang air besar.

Sedangkan untuk wasir atau hemoroid interna biasanya tidak menimbulkan nyeri, dan lebih indentik dengan buang air besar keluar darah. Darah yang keluar berwarna merah segar, keluar menetes saat sedang BAB dan tidak bercampur dengan kotoran. Pada fase lebih lanjut penebalan bantalan pembuluh darah pada wasir interna ini akan mengalami prolaps atau leuar saar sedang buang air besar. Keluhan buang air besar berdarah saat ini sering kali dikeluhkan oleh sebagian besar orang, sehingga penting bagi kita untuk mengenali penyebab buang air besar berdarah ini. Buang air besar berdarah merupakan sautu kondisi khas dan juga serius yang digunakan tenaga kesehatan sebagai pertanda bahwa terjadi gangguan pada saluran cerna bagian bawah anda.

Saluran cerna yang dimaksud dimulai dari usus halus, usus besar, rektum hingga lubang anus dengan kelainannya masing-masing. Selain karena penyakit wasir dan ambeien, penyebab buang air disertai darah ini juga bermacam-macam mulai dari pelebaran pembuluh darah disekitar anus, infeksi oleh kuman tertentu, proses radang yang terjadi sepanjang saluran cerna hingga proses keganasan atau kanker saluran cerna. Untuk itu, penting bagi kita untuk melakukan penanganan yang cepat sebagai langkah awal mengatasi BAB berdarah ini. Ada beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah BAB berdarah ini. Dengan menggunakan tanaman dan buah-buahan yang memiliki khasiat untuk menghentikan darah tersebut, anda bisa melakukan pengobatan sendiri dirumah, seperti :

  • Menggunakan Pisang Batu¬†

Untuk menghentikan darah saat BAB, anda bisa menggunakan pisang batu sebagai pengobatan alaminya, cara membuat ramuan ini adalah Sediakan 3 buah pisang batu masak + 3 buah pisang kepok mentah. Caranya mudah, hanya perlu menggiling kedua pisang tersebut sampai halus. Perlu diiingat, pisang batu gunakan tanpa kulit, sedangkan pisang kepok dengan kulitnya. Setelah halus lalu peras, saring dan konsumsi air nya. Ramuan ini bisa anda konsumsi secara rutin dan teratur sampai darah saat BAB hilang.

  • Mengkonsumsi Jambu Biji

Anda juga bisa mengkonsumsi jambu biji sebagai pengobatan BAB berdarah, caranya Siapkan beberapa lembar pucuk daun jambu batu yang masih muda lalu cuci sampai bersih, ambil 1 buah pisang batu (tidak dikupas). Lalu haluskan dan peras hingga mengeluarkan air. Minum air perasan tersebut secara rutin.

  • Kangkung

Kankung juga bermanfaat untuk menghentikan darah saat BAB, caranya Cuci kangkung dengan air hangat lalu blender sampai halus dan kemudian di saring. Campur air itu dengan satu butir telur ayam kampung dan garam dapur secukupnya. Aduk sampai rata dan minum sehari sekali sebelum tidur.

Baca Juga : http://www.keystoneradiology.com.au/weight-loss-medication-phentermine/

Itulah beberapa cara sederhana menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi BAB berdarah. Anda bisa melakukan cara diatas sendiri dirumah, namun apabila cara tersebut tidak memberikan hasil yang baik, segera periksa ke dokter agar anda mendapatkan penanganan yang lebih baik lagi. Pola hidup sehat dan pola makan yang baik juga penting untuk mencegah terjadi BAB berdarah. BAB berdarah bisa terjadi karena gaya hidup kita yang salah dan pola makan yang tidak teratur seperti terlalu banyak makan makanan pedas, untuk itu hindari beberapa kebiasaan yang dapat mengakibatkan BAB berdarah, karena kondisi seperti ini dapat menganggu dan membuat tidak nyaman penderitanya.

Leave a Reply viagra samples free pfizer

Your email address will not be published. Required fields are marked *