Penyebab Dan Gejala Batuk Rejan

Penyebab Dan Gejala Batuk Rejan –┬áBatuk rejan adalah istilah atau sebutan bahasa indonesia yang menggambarkan batuk berupa suara “rejan”, sedangkan menurut istilah medis kondisi ini disebut dengan pertusis karena disesuaikan dengan penyebab utama kondisi ini yaitu disebabkan oleh Bordetella pertussis. Batuk rejan adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang mudah menyebabr melalui batuk yang dapat menular ke segala usia, atau bisa dikatakan bahwa penyakit batuk rejan ini penyakit menular. Batuk 100 hari adalah nama lain untuk menggambarkan kondisi ini, dan seseorang yang bisa tertular batuk 100 hari melalui kontak langsung dengan cairan dari hidung atau tenggorokan orang yang terinfeksi.

Batuk rejan ditandai dengan suara yang khas yaitu suara yang melengking. Pada bentuk muka terlihat kemerahan, batuk rejan ini sangat kuat, sehingga sulit menarik nafas dan saat mengambil napas timbul suara melengking. Gejala batuk yang khas tersebut biasanya dialami saat masa kanak-kanak. Pada bayi yang berusia kurang dari 6 bulan, suara melengking jarang ditemukan. Gejala yang terjadi biasanya tidak spesifik seperti penurunan berat badan. Namun, bayi berumur 6 bulan inilah yang justru bisa mengalami komplikasi batuk rejan yang serius sehingga membutuhkan perawatan medis secepatnya. Sedangkan pada orang dewasa, batuk rejan biasanya hanya berupa batuk kering dengan napas melengking. Batuk ini umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu, atau dibantu dengan obat antibiotik.

penyebab batuk rejan

Namun, dalam beberapa kasus, batuk rejan ini bisa sembuh dalam beberapa bulan atau bisa juga lebih, maka dari itu batuk rejan sering disebut juga dengan nama batuk 100 hari. Batuk rejan ini bisa membuat penderitanya kekurangan oksigen dalam darahnya, selain itu juga dapat pula menimbulkan komplikasi misalnya seperti pneumonia. Bahkan penderita batuk rejan ini bisa secara tidak sengaja melukai tulang rusuk mereka karena hembusan batuk rejan yang terlalu keras. Untuk itu jika mengalami batuk rejan selama berbulan-bulan dan tak kunjung sembuh, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang baik. Yang penting bagi anda mengenai batuk rejan ini adalah yang pertama, batuk ini bisa bertahan dalam jangka waktu lama, oleh karena itu penyakit ini disebut dengan batuk 100 hari, dan yang kedua adalah penyakit ini bersifat menular dan siapa saja dapat mengalaminya. Maka penyakit batuk rejan harus diwaspadai karena dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya.

Batuk rejan harus segera mendapatkan perawatan dengan baik agar tidak menimbulkan masalah lain pada tubuh, dan biasanya batuk rejan ini menyerang anak walaupun sebagain besar juga dapat menyerang orang dewasa. Jika batuk rejan dialami oleh anak-ank, tentu hal ini bisa membuat khawatir sang ibu karena batuk rejan ini bisa menjadi masalah yang serius bagi sang buah hati anda. Pada sebagian besar penderita batuk rejan akan mengalami kesembuhan secara total walaupun dibutuhkan waktu yang sangat lama. Sedangkan batuk rejan pada anak-anak dibawah 1 tahun tidak tertutup kemungkinan dapat menyebabkan kematian. Hal tersebut terjadi akibat anak kekurangan asupan oksigen yang diperlukan oleh otak. Untuk dapat terhindar dari penyakit ini sebaiknya anda melakukan vaksinasi pertussis pada anak anda, yang disebut dengan DPT, hal ini bertujuan untuk mencegah batuk rejan menyerang.

Penyebab batuk rejan pada seseorang adalah adanya infeksi bakteri bordetella pertussis yang dapat menyebar melalui udara ketika seorang penderita batuk rejan bersin atau pada saat mereka batuk. Bakteri penyebab batuk rejan ini masuk dan menyerang dinding dari trakea dan bronkus. Pembengkakan yang terjadi dibagian saluran udara merupakan salah satu cara tubuh memberikan respon terhadap infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Membengkaknya saluran ini dapat membuat si penderita menjadi sulit untuk bernapas. Untuk itu, pemberian obat antibiotik juga bisa anda gunakan untuk melakukan pengobatan batuk rejan, akan tetapi menggunakan obat yang berbahan dasar kimia memang sangat rentan menimbulkan masalah lainnya. Ada baiknya anda menggunakan obat alami batuk rejan untuk membantu meredakan serta mengatasinya. Menggunakan obat alami untuk mengatasi batuk rejan jauh lebih baik, karena obat yang berbahan dasar alami sangat minim efek samping dan tidak menimbulkan masalah lainnya.

Penyakit batuk rejan ini memang salah satu masalah yang bisa dikatakan masalah yang cukup merepotkan karena untuk mendapatkan kesembuhan secara total dibutuhkan waktu lama, selain itu juga penyakit ini bersifat menular. Bakteri penyebab batuk rejan juga bersifat patogen yang menghasilkan racun atau toksin sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan lendir atau dahak yang berlebihan dan mengakibatkan tersumbatnya saluran pernapasan. Perawatan atau pola hidup yang sehat juga sangat penting anda lalukan untuk menghindari atau mencegah terjadi batuk rejan ini. Dan jika anda memiliki sang buah hati, anda sangat disarankan untuk memperhatikan kesehatan anak anda dengan baik karena penyakit ini sangat sering menyerang anak-anak, dan jika penyakit ini sudah dialami pada anak tanpa penanganan yang baik dapat mengakibatkan masalah serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *