Penyebab Penyakit Paru-paru Pada Perokok

Penyebab Penyakit Paru-paru Pada Perokok – Merokok adalah suatu kebiasaan yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Rokok sendiri adalah lintingan atau gulungan yang digulung atau dibungkus dengan kertas, daun, atau kulit jagung, sebesar kelingking dengan panjang 8-10cm, biasanya dihisap setelah dibakar ujungnya. Rokok merupakan pabrik bahan kimia berbahaya. Hanya dengan membakar dan menghisap sebatang rokok saja, dapat diproduksi lebih dari 4000 jenis bahan kimia. 400 diantaranya beracun dan 40 diantaranya bisa berakumulasi dalam tubuh dan dapat menyebabkan kanker.

Rokok juga termasuk zat adiktif karena dapat menyebabkan adiksi (ketagihan) dan dependensi (ketergantungan) bagi orang yang menghisapnya. Dengan kata lain, rokok termasuk golongan NAPZA (narkotika, psikotropika, alkohol, dan zat adiktif). Untuk saat ini rokok menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi setiap orang dan kebanyakan pelajar, mulai merokok disebabkan oleh dorongan lingkungan. Contohnya pelajar tersebut merasa tidak enak kepada teman-temannya karena dia tidak merokok. Sehingga dia pun mulai merokok dan akhirnya menikmati rokok tersebut.

perokok

Pada kalangan pelajar juga beranggapan dengan merokok dirinya merasa hebat, gaya, dan ditakuti, padahal jika dia tidak pamdai-pandai menjaga dirinya, rokok juga bisa mengakibatkan suatu penyakit yang sangat berbahaya. Merokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan memperparah kondisi-kondisi kesehatan tertentu seperti asma dan alergi. Diantara masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh merokok adalah masalah pernapasan.

Merokok menyebabkan stres pada saluran pernapasan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka pendek maupun kronis. Ada empat jenis penyakit paru-paru yang dapat disebabkan karena merokok. keempat jenis penyakit tersebut tidak hanya mengancam perokok aktif saja tetapi juga perokok pasif. Perokok pasif adalah orang yang tidak merokok tetapi secara tidak sengaja menghirup asap rokok. Keempat jenis penyakit paru-paru itu, diantaranya :

  • Bronkitis

Bronkitis adalah jenis penyakit paru-paru yang menyebabkan peradangan (inflamasi)pada membran mukus, pada bronkus (saluran udara yang membawa udara dari trakea atau batang tenggorokan ke paru-paru). Bronkitis dikategorikan dalam dua jenis yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Iritasi pada saluran udara, atau bronkus, akibat merokok terjadi secara bertahap pada perokok. Dengan menghisap asap tembakau terus-menerus, bronkus menghasilkan respon peradangan dan lendir yang berlebihan, yang tidak mampu dihilangkan secara alami oleh silia (rambut halus pada lapisan mukus) yang rusak.

Akibatnya adalah penderita sering mengalami “batuk perokok” yang mendorong dahak yang menghambat pernapasan. Bronkitis merupakan bentuk awal dari penyakit paru obstruktif kronik, PPOL (chronic obstructive pulmonaruy disease, COPD) yang bisa berakibat fatal, terutama jika tidak segera diobati.

  • Pneumonia

Pneumonia adalah jenis penyakit paru-paru yang menyebabkan peradangan (inflamasi) paru-paru karena infeksi. Infeksi dapat disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, atau parasit. Merokok dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh karena sering mengundang infeksi saluran pernapasan. Bersamaan dengan melemahnya bronkus dan paru-paru, gangguan imunitas (kekebaln) ini mempermudah bakteri atau virus penumonia untuk bertahan dan merusak jaringan paru-paru.

  • Emfisema¬†

Emfisema adalah jenis penyakit paru-paru dimana kerusakan kantong udara (alveolus) pada paru-paru sehingga mengganggu sistem pernapasan. Zat berbahaya pada asap rokok dapat merusak dinding kantong udara (dinding alveolus). Kerusakan ini semakin lama semakin parah. Kebocoran kantong udara paru-paru menyebabkan paru-paru tidak bisa mengisi udara segar secara sempurna sehingga mempengaruhi suplai oksigen ke seluruh tubuh. Emfisema menyebabkan pernapasan menjadi sangat terganggu.

  • Kanker paru-paru

Kanker paru-paru adalah jenis penyakit paru-paru yang ditandai dengan tumbuhnya sel secara terkenali pada jaringan paru-paru. Merokok merupakan penyebab yang paling sering dari kanker paru-paru. Mekanisme karsinogenesis (pembentukan sel kanker) merupakan yang kompleks. faktor-faktor stres oksidatif yang tinggi, imunitas (kekebalan) yang rendah an bombardir lebih dari 60 karsinogen (zat yang dapat menyebabkan kanker) dalam asap rokok yang luar biasa membuat perokok rentan terkena kanker paru-paru.

Masih banyak lagi zat-zat kimia berbahaya yang terkandung dalam sebatang rokok seperti hidrogen sianida (HCN), arsen, amonia, polonium, dan karbon monoksida (CO) dan lain-lain. Semua zat tersebut memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh kita. Sebenarnya rokok ini sangat berbahaya namun semua orang tidak memperdulikan bahaya dari rokok tersebut.

Baca Juga : 100 free online dating site in australia

Maka dari itu sebagian besar perokok sering mengalami keluhan sakit paru-paru dan itu bisa mengakibatkan penyakit yang serius bagi kesehatan tubuh dan rusaknya paru-paru akibat zat berbahaya dari rokok. Namun, semua pernyataan ini tidak pernah di dengar oleh para perokok sejati. Mereka terus-menerus menikmati rokok tersebut, walaupun sebagain kecil perokok juga mengetahui bahaya dari rokok tersebut, mereka tetap merokok karena telah ketergantungan pada rokok.

Akan tetapi, dengan berkembangnya jaman dan kepedulian dunia kesehatan pada perokok yang selalu mengalami keluhan sakit paru-paru karena zat yang ada dalam rokok. Ada salah satu alternatif pengobatan bagi para merokok untuk mengatasi keluhan sakit paru-paru. Pengobatan yang di maksud yaitu dengan mengkonsumsi teh herbal Clear Lung Tea yang terbuat dari bahan alami yang diformulasikan menjaga kesehatan paru-paru. Teh herbal ini aman dikonsumsi dan bisa membuat para perokok berhenti merokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *