Tanaman Tradisional Untuk Luka Diabetes

Tanaman Tradisional Untuk Luka Diabetes – Diabetes atau biasa disebut dengan penyakit kencing manis, adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya insulin, hal ini dikarenakan tubuh tidak mampu memanfaatkan insulin. Jika penyakit ini tidak segera diobati makan akan menimbulkan tanda-tanda seperti turunnya berat badan. Ciri-ciri lainnya seperti penglihatan semakin kabur, luka sulit sembuh, sakit kepala dan gatal. Jika semakin diabaikan efek buruk penyakit ini dapat menimbulkan resiko komplikasi penyakit yang cukup lama. Penyakit diabetes adalah penyakit yang diakibatkan meningkatnya kadar gula dalam darah dikarenakan adanya gangguan fungsi hormon insulin.

Tubuh penderita diabetes tidak bisa merespon atau memproduksi hormon insulin yang dihasilkan melalui pankreas. Apabila hormon insulin mengalami gangguan dalam sistem kinerjanya dan jumlahnya sedikit maka dapat mempengaruhi dalam mengubah karbohidrat menjadi energi. bagi penderita dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, polong-polongan, karena tidak mengandung kadar gula yang rendah. Sebaliknya penderita harus menghindari karbohidrat sederhana karena mengandung kadar gula yang tinggi. Penderita diabetes apabila tifak mengkonsumsi makanan dengan seimbang maka akan memperparah penyakit.

tanaman untuk diabetes

Penyakit diabetes apabila terkena luka khususnya yang sering terjadi di daerah luka biasanya lama sembuh karena adanya gangguan persyarafan dan gangguan darah sehingga bisa menimbulkan infeksi. Dalam mengobati luka diabetes pun harus sangat hati-hati supaya tidak terjadi infeksi dan tidak menjalar kemana-mana. Pengobatan luka diabetes bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan kimiawi atau secara alami menggunakan bahan-bahan alami. Tidak jarang banyak penderita diabetes mengalami penyakit komplikasi setelah mengkonsumsi banyak obat-obatan yang bersifat kimiawi. Obat kimiawi mempunyai efek samping dan harga juga relatif mahal.

Baca Juga : More Bonuses

Namun, anda tidak perlu khawatir untuk melakukan pengobatan yang mudah, murah, dan tanpa efek samping, anda bisa menggunakan pengobatan alami menggunakan bahan-bahan alami dan tradisional yang sangat aman dipakai sebagai pengobatan luka diabetes. Berikut ini ada beberapa tanaman tradisional yang bisa anda gunakan sebagai obat diabetes, seperti :

  • Kunyit

Kunyit adalah tanaman obat tradisional yang cukup mudah didapatkan dan ditemukan disekitar lingkungan sekitar kita. Untuk penggunaan kunyit ini sangat mudah, anda bisa menjadi kunyit ini sebagai ramuan terlebih dahulu, cara pembuatannya seperti : Ambilah 1 bagian dari rimpang kunyit yang sudah dibersihkan dan tambahkan dengan 1 sendok garam. Rebuslah kedua bahan tersebut dalam 1 liter air, dan biarkan mendidih. Setelah itu saringlah ramuan tersebut dan biarkan ia hingga menjadi dingin. Setelah dingin ramuan tersebut pun dapat Anda konsumsi sebanyak 1/2 gelas saja, dan minumlah dengan teratur sebanyak 2 kali dalam waktu 1 minggu.

  • Mahkota Dewa

Mahkota dewa juga termasuk dalam daftar tanaman alami yang dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit termasuk penyakit diabetes serta luka yang ditumbulkannya. Untuk menggunakan tanaman herbal ini Anda dapat membuatnya menjadi obat luka diabetes tradisional dengan cara penyajian berikut ini : Siapkan 3-5 potong bagian tangkai dari mahkota dewa yang sudah dibersihkan. Tambahkan dengan 3 lembar dari daun salam yang juga sudah dicusi bersih. Setelah itu rebus kedua bahan tersebut secara bersamaan dengan air sebanyak 3 gelasĀ  hingga mendidih dan hanya tersisa sebanyak 1/2 gelas saja. Saring ramuan tersebut, biarkan sedikit dingin, dan konsumsilah secara rutin setiap hari, sehingga diabetes dengan luka ulkusnya pun dapat diatasi dengan mudah.

  • Mengkudu

Buah mengkudu dikenal sebagai buah yang mampu mengobati penyakit diabetes dengan mudah. hal ini dikarenakan kandungan proxeroni yang dimilikinya. Kandungan zat tersebut berfungsi untukĀ  membentuk alkaloid dalam tubuh yang tentunya bermanfaat dalam membuka bagian pori-pori dari sel. Sehingga kandungan nutrisi pun akan lebih mudah untuk menyerap ke dalam tubuh Anda. Dari kemampuan tersebut, buah ini pun sering digunakan sebagai obat luka diabetes tradisional yang dibuat dengan cara berikut ini : Siapkanlah buah mengkudu sebanyak 1 buah. Setelah itu blender buah tersebut dan ambillah bagian airnya. Masukkan bagian air atau pun ekstrak dari buah mengkudu dalam gelas, dan Anda pun dapat mengkonsumsinya secara langsung.

Luka pada penderita diabetes memang harus perlu diperhatikan khusus karena apabila terjadi infeksi yang sudah menyebar sampai otot dan kaki bisa diamputasi supaya tidak menjalar banyak lagi di tubuh lainnya. Luka tersebut jangan hanya di diamkan saja dan harus ditindak lanjuti supaya luka bisa mengering dan tidak infeksi. Awalnya mungkin hanya luka ringan karena belum merusak seluruh jaringan dan lama kelamaan luka bisa berkembang menjadi borok dan sulit disembuhkan.

Jangan menunggu luka menjadi parah, lakukan segera penanganan untuk luka atau langsung pergi ke dokter dan berkonsultasi agar luka bisa langsung diatasi dengan baik. Jika kaki anda mengalami luka karena diabetes cuci dan keringkan setiap hari menggunakan sabun yang lembut dan menggunakan air hangat, bagian yang terkena luka jangan digosok karena luka bisa semakin melebar dan membesar.

Leave a Reply go to my site

Your email address will not be published. Required fields are marked *