Penjelasan Tentang Yoghurt, Jenis dan Manfaatnya

Seklias Tentang Yoghurt

yoghurt

Youghurt terbuat dari susu yang diproses melalui fermentasi dengan menggunakan bakteri asam laktat. Bakteri tersebut mengubah gula alami pada susu menjadi asam laktat sehingga rasa dari yoghurt sangat khas dan asam. Namun tidak semua jenis yoghurt aman untuk dikonsumsi, karena sebagian yoghurt ada yang sudah dicampur dengan gula dan soda untuk menambahkan cita rasanya. Bakteri yang digunakan untuk fermentasi susu menjadi yoghurt adalah Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus Thermophiles. Kandungan pada yoghurt yang baik untuk tubuh diantaranya:

1. Mengandung Probiotik

Menurut penelitian, probiotik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Jadi Yoghurt juga sangat baik untuk orang yang sedang ingin berdiet.

2. Tinggi Kalsium

Kalsium memiliki peranan penting untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi juga penting untuk penyembuhan luka dan menjaga tekanan darah agar tetap normal. Yoghurt kaya akan vitamin D juga mengandung beberapa vitamin seperti B6, B12, kalium dan magnesium.

Jenis Yoghurt

Yoghurt dikategorikan menjadi beberapa jenis mulai dari yang kental sampai yang paling cair. Jenis tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • Set Yoghurt. Ini adalah yoghurt yang memiliki bentuk kental karena proses fermentasinya langsung dalam kemasan. Set yoghurt tidak dicampur dengan bahan lain lagi dan rasa dari yoghurt ini adalah tawar.
  • Stir Yoghurt. Berbentuk encer dan biasanya ditambahkan dengan bahan lain seperti pemanis/ rasa. Selanjutnya diaduk kemudia disimpan dalam kemasan. Hal itulah yang menyebabkan stir yoghurt berbentuk cair.
  • Drink Yoghurt. Disebut dengan drink yoghurt karena bisa langsung diminum. Bentuknyapun sangat encer dan lebih encer dari jenis yoghurt lain. Pembuatan yoghurt ini yaitu setelah terbantuk yoghurt baru dicairkan.

Tips yang ingin berdiet dengan yoghurt

Untuk anda yang ingin menurunkan berad badan dengan yoghurt, Anda bisa mengonsumsi 400 ml sehari. Waktu untuk mengonsumsinya bisa dibagi menjadi 2x dalam sehari yaitu pada saat pagi dan malam hari. Sekali minum 200 ml yaitu setara dengan 3/4 gelas.

Jadi apakah yoghurt itu sehat?

Pada dasarnya yoghurt itu sehat, tapi untuk sebagian yoghurt yang beredar dipasaran mengandung gula dan pemanis buatan. Proses pembuatannya pun harus benar-benar higienis dan terjaga karena apabila yoghurt dipanaskan sampai 120 derajat F maka dapat membunuh bakteri baik pada yoghurt.

Itulah artikel mengenai yoghurt, semoga bermanfaat dan memberikan wawasan bagi anda semua.

Created by : irish dating site

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *