Terapi Epilepsi Dengan Menggunakan Musik

Penyakit Epilepsi

penyakit epilepsi

Bonuses – Epilepsi merupakan gangguan neurologis umum kronis yang ditandai dengan kejang pada sebagian atau seluruh tubuh tanpa alasan juga disertai dengan hilangnya kesadaran. Neuron atau sel saraf merupakan bagian peniting dalam tubh kita. Sel saraf tersebut berfungsi untuk mengatur kesadaran, kemampuan berpikir, pergerakan tubuh dan mengatur sistem panca indera. Setiap sel saraf saling berhubungan menggunakan impuls listrik. Apabila impul listrik mengalami masalah maka akan menyebabkan kejang – kejang dan tubuh tidak bisa dikendalikan.

Menurut data di WHO, jumlah penderita epilepsi di dunia bisa mencapai 50 juta orang dan di Indonesia sendiri terdapat sekitar 2 juta orang pasien epilepsi. Para peneliti terus mencari solusi untuk menangai penyakit ini baik secara pengobatan maupun terapi. Pada konvensi tahunan di American Psychological Association menemukan bahwa otak pasien epilepsi merespon secara berbeda terhadap musik dibandingkan denganĀ  yang tidak mengidap penyakit epilepsi.

Para peneliti tersebut menganalisis data dari 21 orang yang dirawat di rumah sakit Wexner Medical Center tahun 2012 dan Mei 2014 beserta dengan orang yang tidak mengidap penyakit epilepsi. Semua peserta tersebut disuruh mendengarkan musik selama 10 menit dan hasilnya menunjukan bahwa terjadi aktivitas gelombang otak yang meningkat ketika mendengarkan musik.

Akan tetapi untuk mereka penderita epilepsi menunjukan adanya sinkronisasi lebih besar daripada yang tidak menderita epilepsi. Maka dari itu para peneliti tersebut menyimpulkan bahwa ” Pasien penderita epilepsi dapat menggunakan musik untuk bersantai dan mengurangi stres yang menyebabkan kejang – kejang ” Hal tersebut karena mendengarkan musik dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh dan santai.

Ternyata musik juga memiliki peranan penting bagi para dokter ahli bedah. Menurut sebuah jurnal penelitan Aesthetic Surgery, ” dokter bedah seringkali mendengarkan musik yang mereka sukai dan hasilnya mereka dapat bekerja lebih baik dan rileks “

Baca Juga : Bahaya Mengkonsumsi Garam Berlebih

Posted by : Nutrisipenting.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *